Sukses

Setiap Hari, 200 Ton Sampah Plastik Banjiri Kota Bandung

Melihat tingginya sampah plastik di kota Bandung, rencananya pemkot akan memberlakukan kantong plastik berbayar.

Liputan6.com, Bandung - Produksi sampah di Kota Bandung meningkat dari 1.500 hingga 1.600 ton setiap harinya. Ini terkait pertambahan jumlah penduduk Kota Bandung yang kini telah mencapai angka 2,5 juta jiwa.

"Produksi sampah di Bandung rata-rata 1.500 sampai 1.600 ton setiap harinya. Kalau weekend bertambah lebih dari 1.600 ton," kata Direktur Umum PD Kebersihan Kota Bandung, Deni Nurdyana kepada liputan6.com, Rabu (20/1/2016).

Menurut Deni, sampah makanan masih menjadi mayoritas, sementara untuk sampah plastik mencapi angka 200 ton dalam satu harinya.


"Sampah plastik itu terdiri dari botol air mineral, kantong plastik dan lain-lain," tutur Deni.

Menurut dia, rencana pemerintah untuk menerapkan plastik berbayar termasuk di Kota Bandung sangat baik karena hal tersebut bisa menekan jumlah produksi sampah plastik.

"Kita setuju dengan plastik berbayar. Mudah-mudahan bisa mengurangi volume sampah di Bandung. Masyarakat digiring untuk tidak menggunakan plastik karena sampah plastik ini kan susah diurai," pungkas Deni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.