Sukses

Bandung Segera Miliki Taman Khusus Disabilitas

PSBN Wyata Guna menegaskan, pembangunan taman disabilitas tidak akan meminta ke pemerintah kota.

Liputan6.com, Bandung - Keterbatasan akses bagi penyandang disabilitas di taman-taman kota, membuat Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Wyata Guna mewujudkan taman yang dapat dinikmati kaum difabel.

Taman ini nantinya berada di lingkungan Panti Sosial Bina Netra sendiri, dan sekarang masih dalam tahap uji coba.

Menurut Kepala PSBN Wyata Guna Kota Bandung, Cecep Sutriaman, gagasan dibuatnya taman khusus disabilitas ini adalah karena tidak semua taman yang ada di ibu kota Jawa Barat ini memiliki akses yang layak bagi kelompok disabilitas.

 



"Hanya yang kita bicarakan apakah taman-taman yang ada di sini sekarang, apakah sudah mewakili aksesibilitas bagi tuna netra atau tidak? Apakah sudah memiliki aksesibilitas bagi disabilitas tubuh?" ujar Cecep, di Bandung, Sabtu (9/1/2016).

Cecep menuturkan, nantinya taman khusus disabilitas tersebut dapat digunakan sebagai tempat berekreasi, diskusi dan bermain oleh kelompok ini. Diharapkan taman yang tengah digarap tersebut, menjadi percontohan bagi instansi pemerintah lain.

Terkait dana pembangunan taman, diakui Cecep bahwa dana pembangunan taman berasal dari luar dana resmi panti.

Cecep menegaskan, PSBN Wyata Guna tidak akan meminta bantuan dana dari pemerintah kota. Saat ini pembangunan taman masih harus melengkapi berbagai kebutuhan yang nantinya dibutuhkan kaum berkebutuhan khusus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini