Sukses

840 Ribu Penduduk Bandung Tak Punya Akta Kelahiran

Ada pelayanan pengurusan akta kelahiran jemput bola mulai dari kawasan Ujungberung, Bandung.

Liputan6.com, Bandung - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung mencatat masih banyak warga Bandung tidak memiliki akta kelahiran. Tercatat dari 2,4 juta warga Kota Bandung, 35 persen lebih tidak memiliki akta kelahiran.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung, Popong Nuraeni, untuk meningkatkan kepemilikan akta kelahiran itu, maka dilakukan pelayanan jemput bola yang dimulai dari kawasan Ujungberung, Bandung.

"Jadi ada sekitar 850 ribu lebih penduduk kota Bandung yang tak memiliki akta. Kita akan jemput bola. Barusan saya dapat laporan terakhir itu sudah 800 pendaftar. Kita lebih prioritaskan kepada usia 0 - 18 tahun," ujar Popong di Bandung, Senin (18/01).


Menurut Popong, banyaknya warga kota Bandung yang tidak memiliki akta kelahiran, menunjukan rendahnya kesadaran warga soal pentingnya identitas kependudukan.

"Jadi kita akan lakukan pelayanan pembuatan akta kelahiran keliling ke setiap daerah," kata Popong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini