Sukses

Warga Antusias Rebut Hadiah Jadi Ridwan Kamil Sehari

Sang pemenang pertama sayembara ide untuk Bandung bakal mendapat hadiah menjadi Ridwan Kamil selama 1 hari. Lalu apa syaratnya?

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil membuka sayembara bagi warganya untuk memberikan ide kreatif guna membangun Kota Kembang tersebut. Antusiasme warga pun cukup tinggi.

Kini telah terkumpul ratusan ide melalui situs Iuran.id yang merupakan singkatan dari 'Ide Urang Bandung'.

"Masih difinalisasi karena ada 300-an ide. Pengumuman dalam waktu dekat karena sudah beberapa bulan," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil ini, di Bandung, Senin 22 Februari 2016.

Ide-ide tersebut akan dipilah untuk ditentukan pemenang pertamanya. Sang pemenang pertama bakal mendapat hadiah menjadi Wali Kota Bandung selama 1 hari. Lalu apa syaratnya?

"Kriterianya itu idenya yang keren dan bisa diimplementasikan. Jangan yang keren tapi tidak bisa diimplementasikan," kata Emil.

Namun, ketika menjadi wali kota sehari, sang pemenang tidak menggantikan tugas-tugas Emil. Sang pemenang hanya cukup melihat kegiatan pria yang gemar mengenakan peci itu.

"Bukan jadi wali kota tapi nemenin saya kayak ajudan cuman enggak disuruh-suruh. Dia ikut rapim, ikut blusukan, ikut apa, sehingga dia bisa merasakan dinamika jadi wali kota dari pagi sampai malam," Emil menuturkan.

Mengapa hadiah pemenang pertama jadi Wali Kota Bandung dalam sehari? Dia menilai banyak orang ingin merasakan menjadi Wali Kota Bandung. Dia juga ingin menunjukkan menjadi wali kota tidak semudah yang terlihat.

"Karena banyak orang ingin tahu rasanya jadi wali kota. Reward-nya nanti ada materi, itu komplemen tambahan (menjadi wali kota). Untuk warga juga tahu jadi wali kota tidak sesederhana keputusannya. Orang kan tahunya saya ngambil keputusan, padahal proses ngambil keputusannya penuh dinamika," tukas Emil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.