Sukses

Ridwan Kamil Hidupkan Lagi Program Sewa Sepeda

Pada 2012, Bandung menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang mempopulerkan bike sharing.

Liputan6.com, Bandung - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berencana untuk menghidupkan lagi program peminjaman sepeda ke warga atau biasa disebut bike sharing pada 2016 ini. Program tersebut akan dijalankan dengan cara berbeda.

Apabila dulu dikelola oleh komunitas, kini Emil, sapaan akrab wali kota, bakal melempar pengelolaan bike sharing kepada pihak swasta yang profesional.

"Karena dulu bike sharing diserahkan kepada komunitas, bukan perusahaan, akhirnya komunitas itu mengelola sukarela. Pada saat sukarela ada naik turunnya. Nah, sekarang kita lelang profesional," kata dia di Pendopo Kota Bandung, Selasa (16/2/2016).

Pada 2012, Kota Bandung sempat menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang mempopulerkan bike sharing atau program penyediaan sepeda untuk warga kota.

Namun program ini hanya berjalan singkat sebelum akhirnya mati suri. Terminal sepeda menganggur dan ratusan sepeda rusak berat karena tidak terurus.

"Nanti pengelolaannya akan kita lelang tapi aset tetap dari kita (Pemkot Bandung),"  kata Emil.

Hal berbeda pun dipersiapkan Emil terkait rencana tersebut. Nantinya, masyarakat yang ingin menggunakan jasa ini wajib mendaftar melalui gawai.

"Konsepnya smart bike sharing, nanti daftarnya pake handphone. Banyak (penerapan) seperti di Meksiko, Barcelona, New York, London, mirip-miriplah. Tetap sewa tapi pakai kartu," jelas Emil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.