Sukses

Zumi Zola Ingin Bagi-bagi Ekskavator untuk Kecamatan di Jambi

Zumi Zola berharap dengan adanya satu ekskavator di tiap kecamatan di Jambi, masyarakat tidak membakar hutan lagi ketika membuka lahan.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jambi Zumi Zola berencana memberikan ekskavator untuk setiap kecamatan di Jambi. Cara ini untuk mencegah warga membakar hutan ketika akan membuka lahan, sehingga tak ada lagi kebakaran hutan di wilayah itu.

Zumi menyampaikan idenya itu kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Kalau boleh satu ekskavator per satu kecamatan, fungsinya buat apa? Supaya masyarakat saat ini yang terbiasa membakar lahan untuk membuka lahan tidak membakar lahannya lagi," kata Zumi Zola di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin 11 April 2016.


Zumi menyadari harga satu ekskavator tidak murah. Dia pun masih mencari dana operasional yang bisa diperketat demi penyediaan ekskavator di tiap kecamatan.
‎
"Tadi menurut Pak Wapres tidak masalah, cuma aturannya belum bisa. Mungkin nanti dikaji," ujar dia.

Zumi mengatakan, 95 persen kebakaran hutan yang terjadi karena perbuatan manusia. Sementara 5 persen disebabkan alam. Pada Maret lalu, masih ditemukan 15 kasus pembakaran hutan di Jambi.

"Kalau ini diterapkan dan masyarakat diedukasi serta dilakukan sosialisasi, Insya Allah bisa," tandas Zumi Zola.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.