Sukses

Gara-gara Masak Nasi, 2 Karyawan Bakar 70 Hektare Lahan di Riau

EL dan AS lupa memadamkan api sehingga membakar gubuk mereka dan api meluas.

Liputan6.com, Pekanbaru - Gara-gara memasak nasi, 2 karyawan sub kontraktor pemasok kayu membakar 70 hektare lahan di Kabupaten Bengkalis, Riau. Kedua karyawan swasta berinisial EL dan AS itu saat ini sudah ditangkap polisi.

"Di samping itu, masih ada 2 tersangka berinisial NA dan MU yang menjadi buron," kata Kapolres Bengkalis AKBP Aloysius Supriyadi, Selasa, 1 Maret 2016.

Pria yang akrab disapa Aloy itu menjelaskan, EL dan AS bertugas melakukan pembibitan, penjagaan dan pembersihan lahan di perusahaannya.

Aloy menyebutkan, kebakaran pertama terjadi sejak Kamis, 27 Februari 2016. Saat itu, kedua tersangka mengaku memasak nasi sekitar pukul 05.00 WIB sebelum bekerja. Namun, mereka mengaku buru-buru sehingga lupa memadamkan api.


Selang beberapa jam kemudian sekembalinya bekerja, gubuk yang mereka tinggali terbakar. Api cepat meluas karena saat itu cuaca terik dan angin berhembus kencang.

"Saat ini petugas gabungan Polri, TNI dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bengkalis masih terus berusaha memadamkan kebakaran lahan," ujar Aloy.

Aloy menyebutkan, sepekan terakhir Kabupaten Bengkalis terus dilanda kebakaran lahan dan hutan. Puluhan titik api terpantau di wilayah tersebut. Pemerintah setempat menetapkan status siaga darurat kebakaran lahan dan hutan selama 60 hari ke depan.

Sementara itu, Kepala Bidang Damkar BPBD Bengkalis Suiswantoro menjelaskan jajarannya terus berupaya memadamkan api kebakaran lahan dan hutan.

"Sejauh ini, BPBD bersama TNI dan Polri masih berusaha memadamkan api supaya tidak meluas," ujar Suiswantoro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.