Sukses

Ibu-ibu Hamil di Kebumen Kenakan Gelang Khusus

Tiga macam gelang ibu hamil di Kebumen, yakni gelang hijau, gelang merah, dan gelang kuning.

Liputan6.com, Kebumen - Ibu-ibu hamil di Kabupaten Kebumen kini mengenakan gelang khusus. Gelang itu bukan untuk aksesori atau gaya-gayaan, tetapi untuk memudahkan pemantauan kondisi  kehamilan mereka.

"Pemakaian gelang ibu hamil sebagai tanda atau bukti bahwa ibu hamil tersebut sudah pernah kontak dan dalam pengawasan tenaga kesehatan (bidan)," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen, Rini Kristiani, Kamis (3/3/2016).

Ia mengatakan, gelang ibu hamil ada 3 warna. Gelang warna hijau untuk semua ibu hamil. Gelang warna kuning untuk ibu hamil risiko tinggi, bukan masyarakat miskin (non-maskin), dan gelang merah untuk ibu hamil risiko tinggi maskin.

"Semua fasilitas kesehatan, baik itu puskesmas dan rumah sakit wajib memprioritaskan pelayanan bagi bumil yang mengenakan gelang ibu hamil, terutama yang berwarna kuning dan merah," kata Rini.

Berbagi upaya telah dilakukan Pemkab Kebumen dalam rangka Gerakan Sayang Ibu. Antara lain, pendampingan ibu hamil oleh masyarakat, kader kesehatan, atau petugas kesehatan, Kelas Ibu Hamil serta tabungan ibu bersalin (Tabulin).

Berbagai upaya untuk ibu hamil, melahirkan dan setelah persalinan tersebut dalam rangka menekan angka kematian ibu dan anak. Sebagai dukungan terhadap program tersebut, saat ini di Kabupaten Kebumen terdapat 11 puskesmas yang memiliki Pelayanan Obstetri Neonatus Essensial Dasar (PONED).

Puskesmas PONED yang siap 24 jam, memiliki fasilitas atau kemampuan untuk penanganan kegawatdaruratan obstetri dan neonatal dasar. Puskesmas PONED juga sebagai rujukan antara kasus-kasus rujukan dari Polindes dan puskesmas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.