Sukses

Puluhan Juta Raib, Tak Muncul Uang Gaib

Warga Jawa Timur menjual minyak puluhan juta untuk menarik uang gaib miliaran rupiah.

Liputan6.com, Jembrana - Suparlan alias Gus Muh (44) asal Dusun Sumberejo, Desa Jambewangi, Jember, Jawa Timur menjalankan penipuan dengan modus menjual minyak khusus untuk menarik uang gaib miliaran rupiah. Meski tidak masuk akal, ada saja yang percaya. 

Salah satu korbannya adalah Sur'in (45) yang berasal dari Dusun Kombading, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Bali. Dia tergiur bualan Suparlan yang menawarkan minyak untuk menarik uang gaib hingga Rp 55 miliar.

Sur'in diminta membeli minyak Rp 36,8 juta sebagai sarana untuk menarik uang gaib. Dia rela membayar tunai Rp 7 juta serta transfer sebesar Rp 20 juta. Masih kurang, pelaku meminta uang kembali sebesar Rp 9,8 juta.

Uang gaib tak kunjung datang, korban mulai menyadari telah menjadi korban penipuan. Dia langsung lapor ke polisi.

"Karena itulah korban kemudian melaporkan kasusnya ke Polres Jembrana, kami tindaklanjuti dan berhasil mengamankan pelaku," kata Kasat Reskrim Polres Jembrana AKP Gusti Made Sudarma Putra, Rabu (2/3/2016).

Jajaran Reskrim Polres Jembrana menangkap Suparlan di Jalan Banyuwangi-Jember, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Penangkapan berjalan sukses setelah penyamaran personel yang pura-pura minta pelaku mendatangkan uang gaib.

Polisi mengamankan barang bukti dari tangan pelaku berupa, beberapa minyak di antaranya lima tabung kecil minyak Anibasana, satu tabung kecil minyak Zakfaron Turki, kemenyan Turki, HP maxtron, satu unit mobil Toyota Yaris nopol terpasang P 789 VO, kartu ATM, dan buku rekening BRI.

"Kasus penipuan uang gaib masih dalam proses dan pelaku kami jerat dengan  Pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman 4 tahun penjara," kata Made Sudarma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini