Sukses

'Harga Diri' Hambat Pembebasan Lahan di Pangkep

Alokasi anggaran pembebasan lahan sebesar Rp 2 miliar tidak terpakai dan harus dikembalikan pemerintah daerah ke pemerintah pusat.

Liputan6.com, Makassar - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Agus Arifin Numang mengatakan akselerasi pembangunan jalan terhambat upaya pembebasan lahan di Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep). Warga setempat menolak tanahnya dijual hingga alokasi anggaran pembebasan lahan sebesar Rp 2 miliar tidak terpakai dan harus dikembalikan pemerintah daerah ke pemerintah pusat.

Warga menilai kepemilikan tanah setara dengan harga diri sehingga menolak untuk menyerahkan tanahnya. Negosiasi antara pemda dan warga akhirnya menemui jalan buntu. Temuan itu diperoleh Agus saat turun ke lapangan.

"Masalah utama dari pembebasan tanah untuk pengembangan infrastruktur transportasi yaitu harga diri, bukan harga per meter," kata Agus ditemui di kantor Bank Indonesia (BI), Makassar, Senin (14/12/2015).

Meski demikian, perlambatan ekonomi yang terjadi di wilayah Sulsel bukan semata-mata akibat terhambatnya pembangunan infrastruktur. Ia menyatakan melambatnya pertumbuhan diakibatkan faktor alam.

Selama ini, Sulsel mengandalkan sektor pertanian dan industri pengolahan. El Nino yang berdampak pada panjangnya musim kemarau menyebabkan sektor pertanian berjalan lambat.

Walau begitu, ia berharap pertumbuhan ekonomi di Sulsel pada 2016 semakin meningkat.

"Perekonomian Sulsel pada triwulan III 2015 tumbuh 7,34% lebih lambat dibandingkan pertumbuhan ekonomi di triwulan II 2015 yaitu 7,79%," imbuh Agus.

Senada dengan Agus, Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto optimistis bisa meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi di Makassar pada tahun 2016. Menurutnya, hal itu dapat dilihat dari tingginya animo investor yang akan menanamkan modalnya di Makassar sebagai kawasan paling strategis di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.