Sukses

Tersangka Pembuang Jasad Bayi di Perumahan Elite Ditangkap

Keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka dengan dugaan pidana pembunuhan terhadap bayi yang baru lahir atau aborsi.

Liputan6.com, Makassar - Aparat Reskrim Polsek Biringkanaya, Makassar, Sulawesi Selatan berhasil mengungkap 2 pelaku pembuang jasad bayi perempuan di sekitar tempat pembuangan akhir (TPA) perumahan elite di Villa Mutiara, Kecamatan Biringkanaya, Makassar.

Mereka adalah Besse Nurul Annisa alias Nisa (19) warga Kelurahan Tamalanrea, Kecamatan Tamalanrea, Makassar dan Syarief Said alias Ari (20) warga Perum Villa Mutiara Asri, Kecamatan Biringkanaya, Makassar.

"Keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka dengan dugaan pidana pembunuhan terhadap bayi yang baru lahir atau aborsi," kata Kepala Sub Bagian Humas Polrestabes Makassar, Kompol Andi Husnaeni kepada Liputan6.com melalui via telepon, Sabtu (31/10/2015).

Kata Husnaeni, Nisa ditangkap di rumahnya, sementara Ari menyerahkan diri dengan meminta tolong kepada orang tuanya ke Mapolsek Biringkanaya Makassar.

Kejadian pembuangan jasad bayi itu bermula pada Senin 26 Oktober 2015. Nisa mengalami sakit perut yang tak kunjung sembuh hingga Selasa 27 Oktober 2015. Ketika berada di kamar mandi rumahnya, ternyata Nisa melahirkan seorang bayi perempuan sekitar pukul 17.00 WITA.


"Dia melahirkan anak yang dikandungnya dan melihat anaknya tidak bergerak sehingga panik. Karena panik dia langsung menelepon pacarnya, Ari, untuk menjemput bayinya selanjutnya untuk dikuburkan," kata Husnaeni berdasarkan keterangan dari Nisa.

Sementara menunggu Ari datang ke rumahnya, Nisa memanfaatkan waktu untuk membungkus jasad bayinya dengan kantong plastik.

"Tepat pukul 18.30 WITA, Ari kemudian datang dan membawa jasad bayinya yang telah dibungkus plastik untuk dikuburkan di sekitar TPA perum Villa Mutiara," kata Husnaeni.

Kronologi Penemuan Jasad

Penemuan jasad bayi gegerkan warga di perumahan Villa Mutiara Makassar. Jasad bayi berkelamin perempuan tersebut ditemukan di sekitar tempat pembuangan sampah di kompleks elite itu dalam kondisi terkubur, Rabu 28 Oktober 2015 sekitar pukul 20.00 WITA.

Seorang Satpam Perumahan Villa Mutiara, Dedi (35) mengatakan, saat ia sedang bertugas jaga malam di Vila Mutiara Asri, dia melihat seorang lelaki mengendarai sepeda motor matik berwarna putih. Pria itu membawa bungkusan berwarna putih di depan jok motornya menuju ke arah tempat pembuangan sampah (TPS) Perumahan Vila Mutiara.

Dedi mencurigai gerak-gerik laki-laki yang mengendarai matik tersebut. Dia kemudian mengecek ke TPA dan menemukan gundukan tanah baru.

"Saya lalu melapor kepada Ketua RT, Jamil serta Nurwandi Binmas setempat, kemudian kami bersama-sama membongkar gundukan tersebut dan ternyata ditemukan bungkusan warna putih yang berisi jasad bayi perempuan yang di bawa oleh seorang laki-laki yang mengendarai motor matik itu," kata Dedi ditemui di pos Satpam Villa Mutiara Makassar, Kamis 29 Oktober 2015.

Setelah mengetahui di dalam bungkusan putih itu adalah jasad bayi perempuan, kemudian dilaporkan ke Polsek Biringkanaya Makassar.

Polsek Biringkanaya langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP)‎ dan jasad bayi dibawa ke RS Bhayangkara. (Nil/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini