Sukses

Hari Perdana Kerja, Buruh Bangunan Tertimpa Kubah Masjid

Buruh bangunan itu meninggal dunia setelah tertimpa kubah.

Liputan6.com, Palembang - Seorang buruh bangunan meninggal dunia setelah tertimpa kubah di atas menara masjid Baitul Mukminin, Kecamatan Kalidoni, Palembang, Sumatera Selatan. Peristiwa nahas itu terjadi pada Senin, 16 Mei 2016.

Kemarin adalah hari pertama buruh bangunan bernama Supri itu bekerja. Peristiwa terjadi sekitar pukul 11.00 WIB di kawasan Jl Prajurit Nazaruddin, RT 31/08, Kelurahan Kalidoni, Kecamatan Kalidoni.

"Informasinya kubah di atas menara itu diketok dulu sisinya sebelum kemudian diturunkan. Tapi mungkin karena terlalu rapuh, jadi langsung ambruk," ungkap Ketua Pengurus Masjid, Fairan (62) di lokasi kejadian, Rabu (18/5/2016).

Pengurus berinisiatif memperbarui menara dan kubah masjid untuk menyambut bulan Ramadhan. Masjid terakhir kali direnovasi pada 1967.

Namun pada proses pengerjaan menara setinggi 20 meter itu, Supri kurang berhati-hati, sehingga kubah ambruk dan menimpa tubuhnya. Hal itu membuat warga kesulitan mengevakuasi jasadnya.
 
Rekan kerja Supri, Yamhur (44), warga Perum Griya Sako Permai, mengatakan korban mendapat giliran pertama bertugas merobohkan menara tersebut. Selain korban, ada lima pekerja yang rencananya merobohkan menara itu bergantian.

"Ada dua menara. Rencana menara yang kubahnya ambruk itu mau dirobohkan. Mulainya dari atas. Kami berlima gantian. Korban giliran pertama," kata Yumhur.

Untuk merobohkan menara tersebut, kelimanya memang sepakat untuk memulai dari bagian paling atas, yakni kubah masjid. Namun, Supri justru tertimpa kubah itu.

Jasad Supri baru berhasil dievakuasi 1 jam kemudian dengan dibantu satu unit mobil pemadam kebakaran. Polisi juga datang untuk mengolah tempat kejadian perkara.

"Saksi telah kami mintai keterangan. Selanjutnya kami serahkan jenazah ke pihak keluarga untuk dimakamkan," ujar Kapolsek Kalidoni AKP Marully Rachmad Azwar SH.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini