Sukses

SIM Online, Polwan Cantik Jadi Pagar Ayu

Program tersebut mengoptimalkan teknologi guna mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat.

Liputan6.com, Makassar - Ada yang unik dalam kegiatan peluncuran layanan SIM Online di Kota Makassar yang berlangsung di Pantai Losari sejak pagi, Minggu, 6 desember 2015.

Sejumlah polisi wanita (polwan) berwajah cantik berjejer menjadi pagar ayu di sepanjang pintu masuk kegiatan. Senyum ramah senantiasa terkembang menyambut para pengunjung yang datang. Tak jauh dari tempat para polwan berdiri, berjejer puluhan motor milik Satlantas Polrestabes Makassar.

"Itu merupakan bagian dari upaya yang kita buat agar giat launching semarak dan membuat masyarakat yang berdatangan menjadi nyaman," terang Kepala Bidang Humas Polda Sulselbar Kombes Frans Barung Mangera, Minggu (6/12/2015).

Peresmian SIM online ini merupakan kegiatan serentak yang dilakukan di seluruh daerah di Indonesia yang berpusat di Lapangan Parkir Timur Senayan, Jakarta.

Barung menerangkan program tersebut bertujuan untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam rangka mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat. Ia menyadari beberapa warga masih gagap teknologi.

Karenanya, kepolisian akan memberikan pendampingan kepada golongan masyarakat itu dalam pengurusan SIM secara online.

"Warga yang kurang ngerti menggunakan teknologi ya ada petugas yang mendampingi. Artinya, semaksimal mungkin kita akan kedepankan pelayanan bagi masyarakat," tutur Barung.

Pada kesempatan itu, Direktur Lalu Lintas Polda Sulselbar Kombes Edy Sukaryo mengingatkan layanan tersebut hanya diperuntukkan bagi pengurusan perpanjangan masa berlaku penggunaan SIM bukan untuk penerbitan SIM baru.

"Contohnya, ada seorang warga pendatang di Makassar yang SIM-nya produk daerah lain sedangkan masa berlakunya sudah mau usai. Maka bisa memanfaatkan program SIM online ini," jelas Edy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.