Sukses

Heboh Orangutan Merokok, Ini Langkah Kebun Binatang Bandung

Pengelola Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo) sedang mengumpulkan data terkait kasus orangutan merokok.

Liputan6.com, Bandung - Pengelola Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo), Jawa Barat, menindaklanjuti kasus orangutan merokok. Pengelola akan menyebarkan foto pengunjung yang memberikan rokok secara sengaja kepada orangutan. 

"Kami akan tempel di pintu masuk dan di medsos kami akan disebarkan, minta bantuan juga ke teman media agar yang bersangkutan bisa minta maaf," kata Kepala Humas Bandung Zoo Sulhan Safi'i di Bandung, Kamis (8/3/2018), dilansir Antara.

Sulhan mengatakan, pengunjung yang memberikan rokok ke orang utan terekam jelas dalam video yang berdurasi satu menit. Selain itu, rekaman CCTV di sekitar lokasi orangutan merokok akan membantu pengelola dalam mengumpulkan gambaran jelas mengenai identitas pelaku.

"Kami sedang mengecek CCTV kami. Kami bongkar hardisknya, sedang dilihat dan kami akan ambil foto dengan tingkat resolusi yang lebih jelas," kata dia.

Pihak pengelola telah berkoordinasi dengan jajaran kepolisian untuk mencari pelaku. Dari hasil koordinasi, kata dia, identitas pelaku yang terekam jelas tidak akan menyulitkan polisi dalam mengungkap kasus tersebut.

"Menurut polisi sih gampang. Nanti kami bawa hasil CCTV, nanti terserah polisi," kata dia.

Meski kasus tersebut akan dilimpahkan ke kepolisian, pengelola masih menunggu itikad baik dari pelaku untuk datang dan segera meminta maaf atas perbuatan tidak terpuji tersebut.

"Kami harap dia segera lapor ke polisi atau ke kami, tapi minta maafnya ke masyarakat secara terbuka karena ini kan satwa milik negara, perwakilan di alam yang sudah terancam punah," kata dia menandaskan penyelesaian soal kasus orangutan merokok ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.