Sukses

Bingung Teh atau Kopi di Pagi Hari, Bagaimana kalau Teh Kulit Kopi?

Cascara Lemon Tea jadi minuman andalan Tirana Art House and Kithcen Yogyakarta. Teh dari kulit kopi.

Liputan6.com, Yogyakarta - Teh dan kopi memang memiliki rasa berbeda.  Namun bagaimana jika kopi dan teh menyatu? Jawabannya ada d Tirana Art House and Kitchen Jalan Suryodiningratan Yogya, namanya Cascara Lemon Tea.

Cascara ini merupakan kulit kopi yang direbus lalu hasilnya layaknya teh.

"Ini kulitnya kopi minumannya masuk kategori teh ya. Ini andalan sini," kata Rizki Efendy Manajemen Tirana beberapa waktu lalu.

Rizki mengatakan proses pembuatannya sangat gampang yaitu kulit kopi direbus lalu diendapkan sekitar enam jam sehingga menjadi lebih pekat. Setelah itu baru bisa diambil airnya.

"Kalo diminum kaya ada asem-asemnya ya gitu rasanya. Tinggal kasih gula sesuai selera," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lebih Sedap dengan Es

Rizki megatakan penyajian minuman ini di Tirana House lebih cenderung dengan es dan lemon. Perpaduan ini yang paling enak setelah melakukan percobaan berungkali dengan beberapa bahan.

"Pernah kayu manis ternyata kurang dan memang cocoknya lemon. Saya rekomenfasi yang es. Dibikin agak manis," katanya.

Semua proses pembuatannya ia lakukan sendiri sehingga kualitas Cascara Lemon Teanya terjaga. Ia pun juga mengambil kulit kopinya dari luar Yogyakarta.

"Sekarang susah dapat kulit kopi lawannya petani kopi karena itu bagus buat pupuk," katanya.

Teh kopi kreasinya ini menurutnya belum banyak dikembangkan di Yogyakarta. Sehingga menemukan minuman jenis ini sangat susah di Yogyakarta, karena mencari kulit kopinya juga sangat susah.

"Saya stay di Bandung di sana ada. kalo di Jogja belum nemu saya. Saya nyari kulitnya di Jawa Timur ada, kadang ambil di Bandung," katanya.

3 dari 3 halaman

Menu Makanan dengan Harga Terjangkau

Rizki mengaku menu minuman ini sudah ada sejak kafe tempatnya buka yaitu November 2017 lalu. Bahkan menu ini menjadi yang paling laris terjual.

 "Di sini paling banyak itu minumannya," katanya.

Selain itu pengunjung kafenya juga bisa menikmati menu lain yaitu kopi seperti double creamy latte bagi yang suka minum kopi. Harga menu minuman di Tirana house mulai 10 ribu - 28 ribu,sementara makanannya dari 15- 25 ribu.

"Cascara itu di harga 15 ribu," katanya.

Menu makanan yang disajikan juga bervariasi mulai dari menu lokal hingga Eropa. Menu makanan yang paling diminati adalah Croissant

"Harga 25 ribu itu ada keju coklat dan original itu dari Prancis. Ini menu breakfast," katanya.

Setiap hari kafenya ramai didatangi mulai dari kalangan anak muda, ibu muda dan sebagian bule. Kafenya buka dari jam 09.00 -00.00 WIB.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.