Sukses

Escape Room Konservasi Laut Pertama di Dunia Ada di Bali

Permainan yang tengah populer di Eropa ini kini telah hadir di Bali. Nikmati sensasi bawah laut dengan mengusung semangat konservasi.

Liputan6.com, Denpasar ‎Coral Triangel Center (CTC) menghadirkan wahana baru bagi Bali. Wahana permainan itu adalah 'Escape Room‎ SOS From the Deep. Ya, wahana permainan ini memang tengah semarak di dunia, termasuk Bali.

Ada banyak tema yang dihadirkan. Namun, sebagai lembaga nirlaba yang menekankan konsentrasi pada konservasi terumbu karang, CTC mengangkat tema alam bawah laut.

Executive Director Coral Triangel ‎Center, Rili Djohani menjelaskan, wahana permainan bertema 'pesan darurat dari kedalaman laut' ini resmi diluncurkan hari ini. Permainan ini menghadirkan pengalaman interaktif, di mana tim yang terdiri dari dua sampai enam orang memasuki ruang permainan simulasi yang menggambarkan dunia bawah laut.

"Agar dapat berpindah ke ruangan lain dan meloloskan diri, tim harus menyelesaikan beragam tugas untuk mendapatkan petunjuk dan akses menuju tahap selanjutnya," kata Rili saat memberi keterangan resmi di CTC's Center for Marine Conservation, Minggu (17/12/2017).

 

Dengan menggunakan inisiatif, pemikiran kreatif dan kerja kelompok tim dituntut mampu mengerahkan keahlian berpacu melawan waktu untuk memecahkan teka-teki, serta mencapai pintu ke luar dalam waktu 60 menit. Ada empat ruangan dengan 15 teka-teki yang mesti kita pecahkan.

"Teka-teki yang harus dipecahkan semua berkaitan dengan konservasi, ancaman dan solusi bagi konservasi terumbu karang. Kami memberi ruang edukasi tetapi ada fun-nya dan bisa di-share foto," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Semangat Konservasi Bawah Laut

Escape room SOS from the deep merupakan rancangan karya CTC yang ditujukan bagi perlindungan ekosistem laut di Indonesia dan seluruh wilayah segitiga terumbu karang. Wahana permainan ini tidak terbatas bagi siapapun yang ingin mencobanya. Namun untuk anak-anak usia 14 tahun dapat juga mengikutinya dengan didampingi orang dewasa.

"Wahana permainan ini didesain oleh CTC bekerjasama dengan desainer merk pemenang penghargaan kenamaan asal Belanda, Aram Leewu dan pakar ruang permainan anak escape room, Frank Kastelein," ujarnya.

"Di dunia belum ada NGO yang mengelola escape room ini dengan tema pendidikan konservasi. ‎Saya kira kami satu-satunya di dunia. Kami berharap bisa menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk belajar konservasi. Kita berharap anak muda dapat terlibat aktif dalam konservasi kelautan," kata Rili penuh harap.

Jika Anda sedang berlibur ke Bali, tak ada salahnya mencoba wahana satu ini. ‎Lokasinya berada di CTC's Center for Marine Conservation yang terletak di Jalan Betngandang II Nomor 88-89 Sanur, Denpasar, Bali.‎ Untuk menikmati wahana seru ini, Anda perlu merogoh kocek Rp100 ribu per orang jika membeli secara online.

Jika langsung datang ke lokasi, Anda perlu merogoh kocek lebih dalam yakni Rp120 ribu per orang.‎

Saksikan vido pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.