Sukses

10 Kerbau Bakal Dipotong untuk Ngunduh Mantu Kahiyang-Bobby

Sepuluh kerbau dipotong dalam prosesi adat ngunduh mantu Kahiyang-Bobby.

Liputan6.com, Medan - Rangkaian acara ngunduh mantu putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution di Kota Medan, Sumatera Utara, mulai bergulir. Prosesi adat pertama yang disebut haroan boru sudah dijalani Kahiyang-Bobby.

Setelah itu, ada beberapa prosesi adat lainnya yang juga akan dijalani. Salah satunya adalah Manalpokkon Lahan ni Horja atau memotong kerbau. Prosesi ini akan dilaksanakan di kediaman orangtua Bobby, di Perumahan Bukit Hijau Regency (BHR) Jalan Setia Budi.

Owner Focus Wedding Planner Muhammad Fauzi atau Ozy mengatakan, Manalpokkon Lahan ni Horja akan dilaksanakan pada 24 November 2017. Prosesi adat itu nantinya disaksikan oleh pengetua-pengetua adat Mandailing.

"Sekitar 10 ekor kerbau. Itu diberikan pengetua adat. Belum tahu apakah ada perubahan. Kerbau itu nantinya dipotong di rumah orangtua Bobby," kata Ozy, Senin (20/11/2017).

Seorang Ketua Adat Mandiling, Pandapotan Nasution, dengan Gelar Patuan Kumala Pandapotan menjelaskan, Manalpokkon Lahan ni Horja dilaksanakan karena acara adat pernikahan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu adalah acara adat yang besar. Lahan ni horja atau hewan yang disembelih untuk acara ini ialah kerbau.

"Manalpokkon Lahan ni Horja ini artinya memotong kerbau. Nantinya, pada Jumat pagi, diadakanlah upacara khusus untuk pemotongan kerbau ini yang disaksikan oleh pengetua-pengetua adat," ujarnya.

Selain acara adat Manalpokkon Lahan ni Horja, prosesi adat lainnya adalah Mangalehan Marga atau pemberian marga kepada Kahiyang Ayu. Prosesi ini dilaksanakan pada Selasa, 21 November 2017, di kediaman Doli Sinomba Siregar, Jalan STM, Medan Johor.

Sebelumnya bertempat di kediaman orangtua Bobby, di Perumahan Bukit Hijau Regency (BHR) Jalan Setia Budi, Medan, acara adat Mandailing disebut haroan boru, yakni acara menerima kedatangan pengantin wanita telah selesai dilaksanakan, Minggu, 19 November 2017.

Acara dimulai sekitar pukul 18.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Dalam prosesi Haroan Boru, Kahiyang-Bobby kompak mengenakan baju biru muda. Saat baru turun dari Toyota Alphard berpelat BK 11 RI, Kahiyang dan Bobby disambut musik tradisional Mandailing.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sambutan Pemilik Rumah dan Raja

Kahiyang datang bersama keluarga besar dari Solo berjumlah sekitar 20 orang. Tampak juga Pasukan Pengawal Kepresidenan (Paspampres). Di depan pintu rumah, Kahiyang disambut ibunda Bobby, Ade Hanifah Siregar, dan kedua kakak Bobby, Poppy Dewinta Nasution dan Inge Amelia Nasution.

Seorang Pengetua Adat Mandailing, Afifudin Lubis, yang bergelar Mangaraja Ihutan Soripada mengatakan, keluarga yang menerima Kahiyang terdiri dari tiga komponen, yakni Suhud selaku pemilik rumah, termasuk paman Bobby Nasution.

Kemudian, anak boru atau ipar di rumah dan kahanggi, yakni sanak saudara Bobby yang kesemuanya bermarga Nasution. Selain sanak saudara, acara juga dihadiri raja-raja pemangku adat Mandailing lainnya.

"Semua menyambut Kahiyang dan Bobby. Namun, hanya satu raja yang dituakan memimpin haroan boru ini, disebut Raja Panusunan," kata Afifudin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.