Sukses

Insiden Bendera Terbalik di Halaman Koperasi Pegawai RI

Sejak pagi hingga menjelang sore, bendera merah putih terpasang terbalik seolah dibiarkan begitu saja.

Liputan6.com, Brebes - Warga Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, geger dengan berkibarnya bendera merah putih yang terpasang terbalik di halaman Koperasi Pegawai Republik Indonesia KPRI Sejahtera milik pemerintah setempat, Selasa (17/10/2017) sore.

Ironisnya, sejak pagi hingga menjelang sore bendera merah putih terpasang terbalik seolah dibiarkan begitu saja. Terlebih, halaman koperasi setempat buka seperti biasa sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

Informasi yang berhasil dihimpun Liputan6.com di lokasi kejadian, insiden terbaliknya bendera itu disadari seorang anggota Intel Kodim/0713 Brebes Sertu Toto Hariyadi yang melintas di Jalan Pusponegoro, Brebes, sekitar pukul 16.00 WIB.

Tak sengaja, dirinya melihat sebuah bendera merah putih yang terpasang terbalik. Saat itu juga, dirinya langsung berkoordinasi dengan pihak Koramil setempat untuk menurunkan bendera tersebut.

Tak lama berselang, seorang anggota Koramil 01 Brebes datang ke lokasi dan langsung melakukan upacara penurunan bendera untuk kembali dinaikkan.

"Setelah kami mendapatkan laporan dari anggota Intel Kodim Brebes, langsung menuju lokasi. Karena belum pukul 18.00 WIB, kami langsung melakukan upacara penurunan bendera untuk kemudian kembali dinaikkan," ucap seorang anggota Koramil Brebes Agus W di lokasi kejadian.

Aparat TNI pun sempat menegur keras pemasang bendera merah putih terbalik itu. Dalam hal ini, penjaga malam bernama Azhar.

"Kami mengimbau kepada masyatakat agar selalu memperhatikan ataupun memberlakukan bendera merah putih dengan baik, karena ini lambang negara yang sakral harus benar-benar dilakukan sebagaimana mestinya," ucapnya.

Sementara itu, penjaga Koperasi KPRI Sejahtera, Azhar, mengakui dirinya yang telah memasang bendera merah putih terbalik. "Saya khilaf, Pak. Saya pagi tadi habis jaga malam mungkin masih ngantuk saat memasang bendera itu," kilah Azhar.

Kepada aparat TNI, ia pun berjanji tak akan mengulangi perbuatanya lagi. Dan juga lebih memperhatikan tata cara pengibaran bendera dengan benar. "Sekali lagi saya tidak sengaja melakukan itu. Dan saya benar-benar mengakui kesalahan yang sudah saya perbuat," dia memungkasi.

Saksikan video pilihan berikut!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.