Sukses

Nasib Penumpang Kapal Cepat yang Terbalik di Perairan Tarakan

Kapal cepat yang terbalik di perairan Tarakan itu mengangkut 48 penumpang. Seorang bayi perempuan menjadi korban tewas.

Liputan6.com, Nunukan - Sebuah kapal cepat Rezeki Baru terbalik dan tenggelam di perairan Kota Tarakan, Kalimantan Utara, sekitar pukul 10.00 Wita, Selasa (25/7/2017). Dua turis asing yang menumpang kapal tersebut ditemukan selamat.

Warga negara asing tersebut bernama Teresa dan Felix. Keduanya warga Jerman, berada di antaranya 48 penumpang kapal cepat Rezeki Baru yang terbalik dan tenggelam dalam pelayaran dari Kota Tarakan menuju Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.

Dilansir Antara, Kepala Seksi Operasi Basarnas Kaltim-Kaltara, Octavianto, melalui pesan tertulisnya dari Balikapapan, Selasa (25/7/2017), membenarkan jika dua turis itu termasuk ke dalam daftar 24 penumpang selamat.

Penumpang yang terjebak dalam kapal cepat yang dipenuhi air laut itu, langsung dikeluarkan lalu dievakuasi ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis.

Tim evakuasi di Pelabuhan Tengkayu mengerahkan sejumlah mobil ambulans dari TNI AL dan Puskesmas Mamburungan, RSUD Tarakan, dan pihak kesehatan pelabuhan setempat. Kedua turis asing bersama 22 penumpang selamat lainnya masih ditangani tim medis di Kota Tarakan untuk memastikan kondisi kesehatan mereka.

Beberapa penumpang selamat, yakni Deni Kurniawan, Suriansyah, Yuni, Feri, Suhadi, Mustari, Catur Dwi Astuti, Aga, Joni, Teresa dan Felix (WNA asal Jerman), Udin, Manan, Hanam, Rudi Hartono, dan Hendra.

Kemudian, Bayu, Yohanis, Olfin, Kristin, Intan Astari, dan Bongket (motoris speedboat).

Bayi Enam Bulan Tewas

Sementara itu, Dinas Perhubungan Kota Tarakan melaporkan, tujuh penumpang kapal cepat yang terbalik di perairan Kota Tarakan, Kalimantan Utara, ditemukan tewas.

Kepala Pos Dinas Perhubungan Pelabuhan Tengkayu, Kota Tarakan, Juliansyah, mengatakan, tim SAR menemukan tujuh jenazah dalam proses pencarian korban. Dia mengatakan, tim SAR masih terus mencari korban di perairan yang tidak jauh dari Pelabuhan Tengkayu, Tarakan.

"Pencarian masih terus dilakukan sampai sekarang oleh tim SAR yang terdiri Basarnas, kepolisian, TNI, dan masyarakat," ujar Juliansyah.

Berikut daftar identitas tujuh penumpang tewas korban kecelakaan laut di Tarakan:

1. Zulkifli (39) asal Kota Tarakan
2. Nuraeni asal Tanjung Selor (Bulungan)
3. Lutfi bin H Basir asal Tanjung Selor
4. Sinar asal Tanjung Selor
5. Marianto asal Tarakan
6. Evi Damayanti
7. Seorang bayi perempuan.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.