Sukses

Panduan Mudik Menuju Bangkalan

Sejumlah wisata dan kuliner di Bangkalan patut dikunjungi saat libur lebaran nanti.

Liputan6.com, Bangkalan - Bangkalan salah satu kabupaten di Pulau Madura, Jawa Timur. Letaknya di ujung barat pulau garam, berbatasan langsung dengan Kota Surabaya. Karena letak geografisnya itu Bangkalan akrab dengan sebutan pintu gerbang pulau Madura. Ada dua jalur yang bisa dipakai pemudik untuk mencapai Bangkalan dari Surabaya. Pertama lewat jembatan Suramadu, kedua lewat Pelabuhan Kamal.

Mudik via Kapal Laut

Bila mudik menggunakan kapal laut, turunnya dipelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Bila kapal yang ditumpangi sandar siang hari, disarankan menyeberang ke Bangkalan lewat Dermaga Ujung naik kapal fery ke Dermaga Kamal di Bangkalan. Dari Perak ke Dermaga Ujung bisa ditempuh dengan berjalan kaki, tak sampai 15 menit. Sedangkan jarak tempuh Ujung-Kamal rata-rata satu jam.

Penyeberangan Ujung-Kamal tak lagi beroperasi 24 jam. Sejak adanya Suramadu, ASDP memangkas jam operasional kapal. Penyeberangan terakhir ke Madura dari Surabaya jam 09.00 wib malam. Penyeberangan baru dibuka kembali pagi harinya.

Karena jam operasi kapal fery terbatas, apabila kapal yang ditumpangi sandar di Pelabuhan Tanjung Perak tengah malam, pemudik ke Madura harus lewat Suramadu. Caranya, setelah turun dari kapal, cari penarik becak atau ojek dan minta diantarkan ke halte bus di Jalan Jakarta, sekitar 15 menit dari pelabuhan. Tunggulah bus di halte itu. Bus ke Madura dari terminal Bungurasih diwajibkan melewati halte jalan Jakarta tersebut.

Mudik Pakai Pesawat

Sedangkan bila anda mudik dengan pesawat akan turun di bandara Juanda. Untuk ke Madura pemudik harus menuju Terminal Bungurasih. Ada dua cara ke Bungurasih, pertama naik taksi bandara ongkosnya Rp 60 ribu. Bila naik taksi biasa biaya tol dibebankan pada pemudik. Untuk lebih hemat anda bisa naik bus Damri khusus bandara, ongkosnya Rp 20 ribu.

Sampai di Bungurasih langsung ke ruang keberangkatan penumpang. Akan tampak jejeran bus di seberang ruangan. Bus berjejer sesuai daerah tujuan, carilah bus khusus ke Madura. Pemudik bisa memilih mau baik bus ekonomi atau bus berAC yang lazim disebut Patas.

Tips mudik ini hanya berlaku bagi pemudik yang tidak carter mobil dan tidak dijemput alias ngecer kendaraan. Tips ini bisa dipakai tidak hanya bagi pemudik ke Bangkalan tapi juga pemudik ke kabupaten lain di Madura seperti Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini