Sukses

Ingat, Dilarang Ngebut di Tol Fungsional Brebes - Gringsing

Masih ada pengemudi yang melajukan mobilnya melebihi batas kecepatan maksimal 40 km/jam di tol fungsional Brebes - Gringsing.

Liputan6.com, Brebes - Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Condro Kirono menegaskan batas kecepatan maksimal kendaraan yang melintas di jalan tol fungsional Brebes-Gringsing sepanjang 105 kilometer adalah 40 km per jam.

Pasalnya, kata dia, kondisi tol fungsional yang hanya berlapis cor 10 sentimeter itu memang belum sempurna, sehingga berbahaya bila melintas dengan kecepatan tinggi.

"Tentunya ini tol fungsional, tidak boleh lebih dari 40 km/jam. Jangan sampai melebihi batas karena itu berbahaya," ucap Condro Kirono di Brebes, Jateng, Senin, 19 Juni 2017.

Dengan kecepatan itu, waktu tempuh perjalanan mulai dari Brexit hingga Gringsing Batang hanya sekitar tiga jam. "Jadi kalau dari Jakarta hingga Gringsing, diperkirakan waktu normal membutuhkan waktu 6-7 jam, tergantung kondisi arus lalu lintas di lapangan," katanya.

Hal yang perlu diperhatikan lainnya, kata Condro, di sepanjang jalan tol fungsional itu belum ada lampu permanen. Namun, para pemudik diharapkan tidak khawatir karena fasilitas penunjang tetap disiagakan disepanjang tol fungsional teraebut.

"Jadi nanti ada lampu SAR sekitar 4 km, lampu itu bisa menerangi dengan radius 100 meter. Nanti juga tiap 5 km ada mobil PJR," ucapnya.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, hingga Senin sore, 19 Juni 2017, sekitar pukul 17.00 WIB, kondisi arus di dalam ruas tol mulai dari pintu Tol Kaligangsa Brebes hingga Kabupaten Tegal relatif masih lancar. Karena itu, beberapa pemudik melajukan kecepatan mobilnya hingga 60 km/jam, melebihi imbauan batas kecepatan.

Salah satu pemudik, Widodo (35) asal Jakarta tujuan Kudus mengatakan, kondisi jalan tol fungsional cukup layak untuk dilalui meskipun belum 100 persen jadi. "Lumayan kok jalannya, kayak jalan di kampung pakai cor tipis," ucap Widodo.

Ia mengaku perjalanan mudik hari ini ramai lancar sejak di Tol Palimanan hingga ke Kaligangsa. "Tadi dari Jakarta siang dan sekitar tiga jam lebih sedikit sudah masuk sini (Kaligangsa)," katanya.

Hal senada diungkapkan Basuki (40), pemudik asal Jakarta lainnya dengan tujuan Surabaya. Ia mengatakan, enam hari jelang Lebaran arus lalu lintas kendaraan di jalur tol hingga tol fungsional masih normal.

"Ya, walaupun sudah ramai pemudik, tapi masih lancar arus lalu lintasnya. Apalagi, ini tol fungsional sudah dibuka, jadi kemungkinan perjalanan lebih cepat sampai ke Gringsing Batang," ucap Basuki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini