Sukses

Jamaah An-Nadzir Berpuasa Mulai Besok

Liputan6.com, Makassar - Seperti tahun-tahun sebelumnya, Jamaah An-Nadzir menunaikan ibadah puasa berbeda dengan jadwal kebanyakan. Tahun ini mereka menetapkan 1 Ramadan jatuh pada Jumat, 26 Mei 2017. Meski demikian, jamaah yang identik dengan rambut pirang itu akan mulai berpuasa pada Kamis, 25 Mei 2017.

"Namun, itu bukan puasa Ramadan. Itu puasa menyambut bulan suci Ramadan, nanti hari Jumat kami puasanya 1 Ramadan," kata pimpinan Jamaah An-Nadzir Lukman Al Bakti via telepon, Rabu (24/5/2017).

Ia menerangkan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pihaknya, bulan sabit di timur sebagai penanda hilal bakal tampak pada Kamis esok, sekitar pukul 05.20 Wita. Dengan begitu, pada Kamis sekitar pukul 10.00 Wita sudah terjadi pergantian bulan yang ditandai dengan terjadinya air pasang di laut pada Jumat pagi.

Perbedaan yang sering terjadi, kata Lukman, merupakan hal yang biasa bagi jamaah yang bermukim di Perkampungan Butta Eja, Kelurahan Romang Lompoa, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulsel itu. Perbedaan kerap terjadi antara satu hari atau dua hari dari yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Perbedaan ini bukan karena unsur kesengajaan, namun berdasarkan perhitungan ketentuan alam yang telah kami teliti sejak awal, dan masih menjadi acuan kami dalam menentukan 1 Ramadan," ujar Lukman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini