Sukses

280 Bus Siap Layani Pemudik di Bandung

Bus-bus itu disiagakan untuk melayani masyarakat saat arus mudik nanti.

Liputan6.com, Bandung - Sebanyak 280 bus dari 21 perusahaan antar kota antar propinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP) disiagakan oleh Terminal Cicaheum, Bandung, Jawa Barat menjelang Ramadan. Bus-bus itu disiagakan untuk melayani masyarakat saat arus mudik nanti.

Jumlah moda transportasi darat ini memang tidak mengalami perubahan dari beberapa tahun sebelumnya setiap menghadapi Ramadan. Terutama untuk melayani rute-rute yang jadi tujuan pemudik.

Kepala Terminal Cicaheum Bandung, Abdul Haris mengatakan, sebelum beroperasi melayani pemudik saat Ramadan, seluruh perusahaan bus yang tercatat aktif melakukan perjalanan tersebut diterbitkan surat imbauan. Isinya agar pihak perusahaan mempersiapkan armada sebaik mungkin dan melengkapi segala izin.

"Kepada para perusahaan otobus untuk mempersiapkan armada reguler dengan kelengkapan administrasi sesuai izin yang dimiliki serta unsur teknis yang dinyatakan laik jalan guna memberikan pelayanan yang optimal bagi pengguna jasa angkutan dari Terminal Cicaheum," kata Haris kepada Liputan6.com, Selasa (23/5/2017).

Haris menjelaskan pada saat mudik nanti tidak diberlakukan pemeriksaan kesehatan terhadap sopir bersama kernet bus yang akan mengangkut penumpang. Pemeriksaan kesehatan itu baru dilakukan menjelang dan sesudah Hari Raya Idul Fitri serta Natal dan tahun baru.

Hal yang sama juga dilakukan untuk pelayanan kesehatan gratis bagi para penumpang yang akan menempuh perjalanan ke daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur dari Kota Bandung.

Sementara itu Kepala Pengawasan dan Pengendalian Minibus (elf) Terminal Cicaheum, Samin menambahkan, untuk pelayanan mudik ini pihaknya mengoperasionalkan 11 minibus yang didominasi ke daerah Garut.

"Kalau untuk elf yang masuk terminal cuma jurusan Bantarujeg-Bandung, Sumedang-Bandung, Garut-Bandung serta Cikajang-Bandung," kata Samin.

Pada beberapa tahun sebelumnya peningkatan jumlah pemudik terjadi satu hari sebelum memasuki Ramadan. Indikasi peningkatan itu satu angkutan umum mengangkut 20 penumpang menjadi 30 penumpang di Terminal Cicaheum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.