Sukses

Tol Brebes Timur - Semarang Gratis Sejak H-10 Lebaran

Pembangunan ruas Tol Brebes Timur - Semarang masih 60 persen.

Liputan6.com, Brebes - Asisten Operasional Kapolri Irjen Unggung Cahyono bersama rombongan meninjau Pos Pengamanan Exit Tol Brebes Timur awal pekan ini. Kunjungan itu untuk melihat perkembangan pembangunan Tol Brebes Timur- Semarang untuk arus mudik Lebaran 2017.

"Kami datang ke sini untuk mendengarkan sejauh mana progress pengerjaan proyek tol, mulai dari Brebes Timur ini sampai ke Semarang. Karena pada arus mudik dan balik Lebaran nanti ruas tol ini akan digunakan sesuai fungsinya," ucap Unggung, Rabu, 26 April 2017.

Unggung mengatakan, untuk mengamankan arus mudik dan balik Lebaran, jajaran kepolisian akan menggelar Operasi Ramadaniya 2017 selama 16 hari, terhitung sejak 21 Mei hingga 4 Juni 2017.

"Kalau untuk Lebaran nanti jatuh tanggal 25-26 Juni di hari Sabtu-Minggu. Makanya, H-10 sebelum Lebaran, tol ini akan digunakan secara fungsional," kata dia.

Jalan Tol Brebes Timur - Semarang itu nantinya akan dicor beton LC setebal 10 cm. Jalan tol itu menjadi jalur arus mudik kendaraan dari arah barat, yakni ke Jakarta dan ke timur yaitu Semarang.

"Itu memang jalannya nanti digunakan fungsional tol LC ketebalan 10 cm mulai dari Brexit sampai ke Bandulan, Pemalang, lanjut ke Batang, Gringsing, Ngaliyan, Semarang," tutur Unggung.

Terkait pengamanan selama arus mudik Lebaran nanti, ucap dia, Polda Jateng akan disokong 11 SSK atau sekitar 1.200 personel berbagai kesatuan dari Mabes Polri. Sedangkan, Polda Jabar akan didukung 700 personel Brimob.

"Harapan kami H-10 bisa berfungsi tol secara fungsional. Dan juga pengamanan juga mulai diterjunkan di ruas jalur mudik," ujarnya.

Hingga kini, proses pembangunan Tol Brebes Timur hingga ke Semarang yang akan digunakan untuk jalur arus mudik Lebaran baru mencapai 60 persen. Ia berharap pihak kontraktor bisa menyelesaikan pembangunan jelang arus mudik.

"Ya paling tidak dibuka gratis tol ini mulai H-10. Mudah-mudahan cuaca mendukung tidak sering hujan sehingga target bisa tercapai," ujar Unggung menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.