Sukses

Selamat Pagi, Berani Sarapan dengan Gulai Kepala Kambing Ini?

Gulai kepala kambing ini bisa disantap bersama sate kambing. Menu sarapan pagi yang menantang.

Liputan6.com, Sumenep - Jika bosan dengan menu sarapan pagi andar, coba menu satu ini, gulai kepala kambing. Namanya mungkin sedikit menyeramkan. Namun, begitulah yang disajikan para pedagang satai di Desa Semaan, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Para pedagang di desa yang terletak di Pulau Madura ini memang sengaja melakukan improvisasi menu makanan dari biasanya. Gulai kepala kambing ini tentunya menjadi hal baru yang patut dicoba. 

"Awalnya kami hanya coba-coba menawarkan kepala kambing yang sudah direndam bersama kuah gulai kepada pembeli, ternyata mereka menyukai. Jadi semakin lama rupanya banyak pembeli yang bertanya kepala kambing, makanya setiap hari kami selalu menyediakannya," kata pedagang satai di Desa Semaan, Kecamatan Dasuk, Sahmiya, Selasa, 4 April 2017.

Menurut dia, sate kambing yang ditambah kuah gulai kepala kambing banyak yang menyukai. Sehingga setiap hari dia selalu menyediakan masakan satu sampai tiga kepala kambing. Karena dengan kolaborasi itu satai akan terasa semakin lezat dibanding hanya disajikan bersama kuah gulai saja.

"Kalau sudah disajikan bersama kua gulai kepala kambing sate tersebut semakin lezat dan pasti menggoyang lidah. Makanya pembeli jika ingin menikmati sate yang lebih enak pasti pesan bersama kua kepala kambing," jelasnya.

Untuk bahan sate biasanya mereka memilih kambing muda. Sebab dagingnya lebih terasa empuk. Maka setiap hari dia harus menyembelih kambing sendiri. Karena ketika kambing tua yang digunakan rasanya kurang lezat, meski sudah dicampur bersama rempah-rempah yang telah ia racik.
Gule kepala kambing ini bisa disantap bersama sate kambing. Patut dicoba bagi anda yang ingin sarapan pagi. (Liputan6.com/Mohamad Fahrul).
Apabila ingin menikmati sate kambing khas daerah ini, Anda bisa datang ke wisata Pantai Slopeng, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, pada pukul 07.00 - 21.00 WIB. Tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk bisa makan atau sekadar sarapan pagi di sini.

Cukup hanya dengan uang sebesar Rp 25 Ribu, pecinta kuliner sudah bisa mendapatkan satu porsi sate kambing ditambah kuah gulai. Namun untuk menambah satu kepala kambing, anda perlu membayar lagi Rp 25 Ribu hingga Rp 35 Ribu sesuai besaran kepala kambing tersebut.

Kelezatan sate gulai kepala kambing memiliki khas tersendiri yang dapat menggoyang lidah para pecinta kuliner khas daerah, bahkan apabila pernah mencicipi kuliner itu rasanya ingin selalu kembali untuk menikmatinya. Sebab dengan rasa empuk daging sate dan kelezatan kepala kambing yang sudah direndam di kua gulai terasa menggugah selera yang tak kunjung terhenti.

"Rasanya memang sangat enak ketika sate ini dinikmati bersama gulai kepala kambing, makanya tak jarang orang dari luar daerah yang sering mendatangi tempat ini. Ternyata setelah saya rasain sendiri memang cukup menggugah selera," kata salah seorang pembeli asal Kabupaten Sampang, Sri Wahyuni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini