Sukses

Pagi Bersama Kura-Kura Terbesar dan Misteri Bawah Laut Jawa

Seiring dengan datangnya pagi, pengunjung dapat menikmati wisata edukatif di Kura-Kura Ocean Park di Jepara, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jepara - Deburan suara ombak terasa sejuk sembari duduk bersantai di bawah pohon besar di pesisir Pantai Utara (Pantura) Jawa di Bulu, Jepara, Jawa Tengah. Pagi itu, pandangan sejumlah pelancong mendadak menajam saat melihat sesosok kura-kura yang tinggi menjulang ke angkasa sedang berjemur di pinggir pantai.

Di dalam benaknya, sang pengunjung mungkin berpikir dirinya sangat beruntung sekali melihat peristiwa langka kura-kura raksasa dan terbesar di dunia  sedang terdampar di daratan.

Bahkan, ikan paus biru (blue whale) di era modern ini memegang predikat hewan terbesar di dunia berukuran 30 meter dengan berat tubuh mencapai 150 ton terpatahkan dengan kura-kura tersebut.

Karena penasaran, saat didekati ternyata kura-kura setinggi sekitar 15  meter dengan panjang dan lebar mencapai 75 meter itu, merupakan wahana wisata edukasi Kura-Kura Ocean Park.

[bacajuga:Baca Juga](2906752 2906272 2907559)

Wahana ini diresmikan pada 22 Februari 2011 oleh Bupati Jepara pada masa itu. Kura-Kura Ocean Park merupakan bangunan berlantai dua yang berisi beragam wahana permainan anak lengkap dengan kolam buatan berisikan beragam keanekaragaman hayati laut.

Padahal, Jepara selama ini dikenal sebagai daerah dengan perajin ukiran kayu yang khas. Tak terbayangkan sebelumnya tempat lahirnya pahlawan nasional Raden Ajeng (RA) Kartini ini pun menyimpan keindahan wisata alam dan edukatif.

Ikon wisata kenamaan Jepara ini berada satu kawasan dengan Pantai Kartini. Jadi berkunjung ke Kura-Kura Ocean Park akan secara otomatis membawa pengunjung ke Pantai Kartini juga.

Umumnya ada dua jenis wisatawan yang datang Kura-Kura Ocean Park. Pertama adalah mereka yang akan berlibur ke Karimun Jawa atau ke Pulau Panjang. Kemudian yang kedua adalah mereka yang memang menyempatkan waktu untuk berwisata edukatif sembari menikmati pasir putih indahnya Pantai Kartini.

Pantai Kartini

Pantai ini terletak 2,5 kilometer ke arah barat Kantor Bupati Jepara. Letak Pantai Kartini ini sangat strategis karena berda di jalur transportasi laut menuju Taman Laut Nasional Karimunjawa dan Pulau Panjang.

Jangan keliru dengan Pantai Kartini yang ada di Rembang. Kalau di Rembang, namanya Taman Kartini meskipun lokasinya juga dekat pantai.

Gerbang kedua adalah gerbang masuk menuju Pantai Kartini. Pantai Kartini dapat diakses melalui Kota Semarang. Dari Semarang ambilah rute Semarang–Demak–Jepara.

Perjalanan darat ini dapat Anda tempuh menggunakan sepeda motor atau mobil. Jika Anda ingin memiliki waktu yang lebih bebas, maka sebaiknya menyewa mobil dari Semarang.

Dari kota Jepara sendiri untuk menuju pantai ini Anda hanya perlu berkendara sejauh tiga kilometer saja. Perjalanan dari Jepara ke Pantai Kartini tidak sulit karena nanti Anda akan dibantu dengan petunjuk arah yang telah tersedia di sepanjang perjalanan.

Wahana wisata edukatif Kura-Kura Ocean Park di Jepara, Jawa Tengah.  (Liputan6.com/Fajar Eko Nugroho)

Sesampainya di Pantai Kartini nanti akan menemui dua gerbang pintu masuk. Gerbang pintu masuk yang pertama adalah akses menuju dermaga Pantai Kartini. Wisatawan yang melalui gerbang ini biasanya akan menuju Karimun Jawa. Gerbang kedua adalah gerbang masuk menuju Pantai Kartini. Nah, nantinya Anda harus masuk melalui gerbang kedua.

Lantai pertama Kura-Kura Ocean Park terdapat beragam wahana yang berisikan keanekaragaman hayati laut yang menarik. Satu yang paling tersohor adalah wahana bernama lorong Misteri Bawah Laut yang berisikan ratusan jenis ikan laut dalam yang sangat unik.

Dari dalam lorong tersebut pengunjung bisa melihat kehidupan bawah laut dengan berbagai ikan berukuran besar. Ikan-ikan yang dapat Anda lihat di lorong ini antara lain hiu, dotty back, angel fish, pari, giant trafelly, kakap, kura-kura, kerapu, jenaha, triger, mimi, dan mintuna, buntal, penyu, termasuk terumbu karang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Melihat Anak Ikan Hiu Berenang

Yang paling diburu pengunjung di akuarium raksasa di lingkaran lorong itu tempat koleksi anakan ikan hiu berenang ke sana kemari. ‎Anakan hiu itu berasal dari tempat penangkaran ikan hiu di Pulau Karimunjawa.

"Ya memang kami datang ke sini bersama keluarga untuk melihat bayi-bayi ikan hiu. Karena kan lucu kalau masih kecil, tapi kalau sudah gede hiu itu nakutin serem deh," ucap Hervika Agusthia (26) pengunjung dari Pekalongan Jawa Tengah, Selasa, 28 Maret 2017, saat berkunjung di Kura-Kura Ocean Park Jepara.

Selain itu, kata dia, wahana di Kura-Kura Ocean Park edukatif dengan banyaknya keanekaragaman hayati di bawah laut. Alhasil, anak-anak hingga orang dewasa pun yang berkunjung ke sini memperoleh pengetahuan.

"Enggak cuman anak-anak saja yang wajib ke sini, orang dewasa pun ingin menyaksikan koleksi ikan juga. Tempat ini bisa dikatakan sebagai mini Sea World-nya Jawa Tengah," dia menambahkan.

Selain akuarium super besar juga terdapat akuarium dinding sebanyak 12 buah. Serta, empat akuarium portabel yang berisi beragam ikan air laut dan tawar yang berukuran kecil.

Tersedia juga papan informasi touch screen atau layar sentuh yang akan membantu Anda mengenal lebih jauh tentang Jepara. Di lantai ini juga terdapat sebuah touch pool yang berisi ikan air tawar dan kura-kura.

Asyiknya, para pengunjung diizinkan menyentuh kura-kura jinak yang ada di kolam ini. Bagi pengunjung yang ingin mencoba sensasi fish spa bisa merendamkan kakinya di kolam yang berisi ribuan ikan garra rufa dari Turki.

Dengan kata lain, tempat ini merupakan salah satu alternatif wisata edukatif yang dapat digunakan sebagai ajang mengenalkan keanekaragaman hayati laut yang dibalut dengan kegiatan wisata.

3 dari 3 halaman

Teater IMAX Deep Sea 3D

Lain lantai, lain pula fasilitas yang ditawarkan. Kalau di lantai pertama pengunjung akan dimanjakan dengan puluhan jenis ikan hingga fasilitas spa ikan, maka di lantai dua pengunjung akan disuguhi dengan beragam permainan pintar yang mengasyikkan.

Diberi nama Jepara Science Park karena terdiri dari beraneka ‎macam permainan edukatif bagi anak-anak mulai dari papan kreatif, air mancur melayang, peraga sensor tepuk dan sensor gerak, permainan papan kreatif dan juga kipas angin tanpa baling-baling.

Menariknya lagi, permainan simulator pesawat terbang juga terdapat di wahana edukasi Kura -Kura Ocean Park tersebut. Tak hanya itu, dengan membayar tiket masuk per orang sebesar Rp 5.000 saja di wahana edukatif Kura-Kura Ocean Park juga dilengkapi fasilitas Teater IMAX Deep Sea 3D.

Setelah puas bermain Kura-Kura Ocean Park, menonton film animasi dapat menjadi penutup wisata. Adapun teater 3D yang akan memutar film tentang ikan yang berdurasi sekitar 20 menit. Kura-Kura Ocean Park ini buka setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB di hari biasa.

Di bagian luar teater 3D, pengunjung dapat selfie atau swafoto dengan beberapa gambar hewan 3D yang seakan-akan hidup dekat dengan pengunjung. Untuk bisa masuk ke dalam wahana Kura-Kura Ocean Park ini pengunjung  diwajibkan membeli tiket masuk seharga Rp 17. 500 per orang (dewasa), sedangkan anak-anak seharga Rp 12.500.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini