Sukses

Penghormatan Terakhir untuk Pek Sing Tjong, Pejuang dari Riau

Upacara militer mengiringi prosesi pemakaman Sinmardi Taman, veteran angkatan 1945, di Kota Pekanbaru, Riau, Selasa, 21 Maret 2017.

Liputan6.com, Pekanbaru - Upacara militer mengiringi prosesi pemakaman Sinmardi Taman, veteran angkatan 1945, di Kota Pekanbaru, Riau, Selasa, 21 Maret 2017.

Pejuang kemerdekaan RI yang memiliki nama Tionghoa, Pek Sing Tjong alias Alek, meninggal dunia dalam usia 95 tahun di Pelalawan Riau, Rabu, 15 Maret 2017 pukul 04.15 WIB dan disemayamkan di kediaman Jalan Ir H Juanda No 45, Kecamatan Senapelan, Pekanbaru.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Liputan6.com, pelepasan jenazah Sinmardi Taman dilaksanakan pada Selasa, 21 Maret 2017, siang sekitar pukul 13.00 WIB disertai upacara adat Tionghoa dengan menyampaikan doa dan penghormatan terakhir dari keluarga besar Tionghoa yang ada di Jalan Juanda.

Sebelum jasad Sinmardi Taman dimakamkan, penghormatan terakhir juga diberikan warga dan sejumlah anggota veteran kemerdekaan RI di Riau.

Mendiang Sinmardi Taman meninggalkan seorang istri, 10 anak, 26 cucu, dan 13 cicit. Pria kelahiran Desa Tanjung Belit, Bengkalis, Riau ini juga mantan Direktur PT Siak Raya Timber.

Atas jasanya semasa hidup, Sinmardi Taman telah menerima berbagai penghargaan, dua piagam, dan surat tanda jasa sebagai pahlawan yang telah berjuang untuk negara Indonesia.

Upacara militer merupakan penghormatan terakhir kepada veteran pejuang kemerdekaan RI tersebut. Usai upacara militer, jenazah almarhum Sinmardi Taman secara perlahan dibawa melintasi karpet merah yang dibentangkan di Jalan Juanda. Selanjutnya, pemakaman dilaksanakan di Taman Makam Taman Sari, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.