Sukses

Pria Misterius Bakar Rumah Komisioner KPU Tebo

Dua pekan sebelumnya rumah milik komisioner KPU Tebo, Jambi, itu juga sempat dibakar orang tak dikenal.

Liputan6.com, Jambi Warga Muaratebo, ibu kota Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, Rabu pagi tadi, geger. Gara-garanya, salah satu rumah tiba-tiba terbakar. Diduga kuat, pria misterius membakar rumah tersebut.

Ternyata rumah yang dibakar itu bukan milik warga biasa, melainkan kediaman salah satu anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tebo, Riance Juskal.

Saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (29/3/2017) sore, Rian, sapaan akrab Riance Juskal membenarkan kejadian tersebut.

Menurut mantan jurnalis ini, kejadiannya pada Rabu pagi sekitar pukul 04.45 WIB. Saat itu, ia terbangun dan hendak menunaikan salat Subuh. Baru beranjak keluar kamar, Rian melihat api berkobar dan membakar bagian depan atau teras rumah.

"Langsung aku coba padamkan api dengan alat seadanya," ujar dia.

Hanya saja, api yang membakar bagian teras rumah tidak terlalu besar, sehingga bisa dipadamkan. Namun karena panik dan kaget, kaki sebelah kanan Rian mengalami luka bakar karena jilatan api.

Kejadian itu ternyata bukan yang pertama kalinya. Rian mengaku, sekitar dua pekan sebelumnya, rumah miliknya yang berada di Kilometer 9, Jalan Lintas Tebo-Bungo itu juga sempat dibakar seseorang tak dikenal. Namun, saat itu, api cepat padam karena hujan turun.

"Sudah ditangani kepolisian, mudah-mudahan cepat terungkap siapa pelakunya," kata Rian.

Terkait motif pelaku membakar rumahnya, Rian tak ingin berspekulasi. Hal itu mengingat Kabupaten Tebo merupakan salah satu daerah di Jambi yang baru saja menggelar pilkada serentak.

Suasana politik di Tebo, memang cukup memanas. Pleno penetapan calon terpilih oleh KPU Tebo beberapa waktu lalu sempat dikepung ribuan orang hingga berujung aksi anarkistis. Hasil Pilkada Tebo juga tengah digugat salah satu pasangan calon di Mahkamah Konstitusi (MK).

Yang terkini adalah berkas Pilkada Kabupaten Tebo termasuk dalam salah satu berkas yang dicuri di MK. Kasus pencurian berkas Pilkada di MK ini tengah ditangani serius oleh kepolisian.

Secara terpisah, Kapolres Tebo AKBP Budi Rachmat mengatakan tengah mengusut kasus kebakaran yang menimpa rumah salah satu komisioner KPU Tebo. Bahkan, ia menyatakan pelaku sudah teridentifikasi.

"Kita tengah dalami kasus ini. Rumah korban juga sudah diberi garis polisi," kata Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.