Sukses

Lapas Jambi Rusuh, Napi - Napi Perempuan Ditandu Keluar

Tak hanya napi perempuan, seorang napi laki-laki dengan kaki berdarah ditandu keluar Lapas Jambi.

Liputan6.com, Jambi Makin malam makin panas. Begitulah kondisi rusuh di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klass II Jambi, Rabu malam, 1 Maret 2017. Sejumlah tahanan dan narapidana (Napi) khususnya perempuan Lapas Jambi terpaksa diungsikan.

Akibat kejadian ini, beberapa napi perempuan tampak diungsikan dengan menggunakan tandu karena sakit. Sementara dari informasi yang beredar menyebutkan ada seorang napi laki-laki yang tertembak. Dari pantauan di lapangan, napi tersebut tampak dievakuasi petugas menggunakan tandu. Sementara kakinya terlihat berdarah.

Di sisi lain, warga di sekitar lapas ikut heboh. Jalur lintas Kota Jambi di depan Lapas ramai dipenuhi warga. Sejumlah petugas terlihat sibuk mengatur lalu lintas.

"Ada terdengar tahanan akan jebol dinding lapas," ujar Idham, salah seorang warga yang tinggal di sekitar Lapas.

Idham mengaku kaget saat kerusuhan pecah. Ia khawatir tembok lapas betul-betul jebol. Apalagi rumahnya tidak jauh dari bangunan lapas.

"Semoga cepat selesai ini rusuh. Takut saya, apalagi sampai bakar-bakaran begini," ucap Idham.

Mendekati Kamis dini hari kerusuhan belum juga selesai. Beberapa tahanan dan napi terdengar berteriak-teriak sembari melempar batu maupun benda padat lainnya. Belasan kali suara tembakan peringatan milik petugas terdengar dari dalam lapas.

Informasinya tak hanya ruang koperasi lapas yang di bakar. Namun sejumlah bagian lain juga ikut hangus terbakar seperti kantin dan aula.

Hingga berita ini ditulis, pihak Lapas Jambi maupun aparat kepolisian yang berwenang belum memberikan keterangan resmi atas insiden ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.