Sukses

Tak Hanya Aceh, Gempa Berkedalaman Dangkal Juga Goyang Tidore

Gempa bumi berkekuatan 4,7 SR yang berkedalaman dangkal ini terasa di beberapa wilayah, seperti Kota Ternate.

Liputan6.com, Tidore - Saat perhatian tertuju ke Pidie Jaya, Aceh yang diguncang gempa berkekuatan 6,5 skala Richter, lindu berkedalaman dangkal juga menggoyang Kota Tidore, Maluku Utara. Gempa di Tidore yang berkekuatan 4,7 skala Richter pada sore waktu setempat atau pukul 16.36 WIT.

Gempa bumi ini juga terasa di beberapa wilayah, seperti Kota Ternate. Adapun Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Utara Ridwan Saban mengatakan, sejauh ini belum menerima laporan adanya kerusakan akibat gempa tersebut.

"Dampak kerusakan tidak ada. Untuk laporan lebih lanjut kami masih menunggu informasi," ucap Ridwan saat dihubungi Liputan6.com melalui sambungan telepon, Rabu (7/12/2016).

Dia mengatakan pula, gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Menurut BMKG Maluku Utara, sambung dia, gempa tersebut berpusat di 1.16 Lintang Utara dan 126.46 Bujur Timur. Tepatnya pada 121 kilometer barat laut Kota Tidore Kepulauan, dan 80 km barat laut Kota Ternate, Maluku Utara.

"Dengan kedalaman 10 kilometer, dirasakan sampai Ternate bagian utara," kata Ridwan berdasarkan rilis BMKG setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.