Sukses

Sempat Bikin Panik, Gempa Gunungkidul Yogya Tak Potensi Tsunami

Pusat gempa di Gunungkidul berada di laut dalam kedalaman 10 km.

Liputan6.com, Yogyakarta - Warga Yogyakarta kembali digoyang gempa sekitar pukul 09.20 WIB. Warga yang sedang beraktivitas kaget dan berhamburan ke luar rumah dan gedung.

Salah seorang warga Playen, Ari S, mengaku langsung lari ke luar rumah saat merasakan guncangan gempa yang cukup besar. "Tadi pas lagi di dapur kerasa gempa langsung keluar rumah aja. Soalnya cukup kuat ini gempanya," ujar Ari, Jumat (18/11/2016).

Menurut dia, saudaranya yang ada di wilayah Wirobrajan juga mengaku merasakan gempa. Saudaranya pun merasa gempa yang dirasakan cukup kuat meski hanya dirasakan beberapa detik.

"Barusan SMS-an sama keluarga di Kota Jogja. Katanya juga kerasa kuat. Soalnya, yang gempa di Jatim kemarin kan enggak semuanya kerasa kan," ujar Ari lagi.

Sementara itu, Andi, warga Argorejo Sedayu, Bantul, justru mengaku tidak merasakan guncangan gempa. Saat itu terjadi, ia sedang mengendarai sepeda motor.

"Mungkin karena naik sepeda motor jadi enggak kerasa," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi Gefisika dan Klimatologi (BMKG) Yogyakarta Toni Agus Wijaya menjelaskan gempa hari ini berpusat di laut. Gempa berkekuatan 5.3 SR dan terjadi sekitar pukul 09:19:29 WIB. Pusat gempa berada di 8.87 LS,110.57 BT atau 93 km barat daya Gunungkidul.

"Gempa berpusat di laut kedalaman 10 km tidak potensi tsunami," kata Toni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini