Sukses

Berantas Kemiskinan, Brebes Dirikan 5 Kampung KB

Brebes menargetkan pendirian 11 kampung KB pada 2016.

Liputan6.com, Brebes - Gara-gara menyandang kabupaten termiskin se-Jawa Tengah, Kabupaten Brebes memutar otak untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya adalah mendirikan kampung keluarga berencana (KB) di 11 desa.

Dari target 11 kampung KB, Brebes baru membentuk lima Kampung KB yang terdiri dari Desa Pepedan, Watujaya, Purwodadi, Purbayasa dan Galuh Timur, Kecamatan Tonjong. Program itu diharapkan bisa membangkitkan kesadaran secara mandiri untuk hidup ber-KB menuju keluarga sejahtera dan bahagia.

Wakil Bupati Brebes Narjo mengajak warga untuk turut serta dalam program KB tanpa ragu karena agama Islam membolehkan dan bahkan menganjurkan umat untuk mengatur jarak kelahiran.

"Kalau yang sudah memiliki dua anak, mandek dulu dengan cara mengikuti KB," ucap Narjo kepada ratusan ibu-ibu yang mengikuti launching di halaman SD Pepedan, Senin, 17 Oktober 2016.

Sementara itu, Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Brebes Khambali mengatakan, pada 2016 diprogramkan pendirian 11 Kampung KB. Di antaranya di Tonjong sebanyak lima kampung, Larangan lima Kampung, dan Losari satu kampung.

Menurut Khambali, komitmen pemerintah Kabupaten Brebes di bidang KB telah mendapatkan pengakuan dari pemerintah pusat dan BKKBN Pusat. Terbukti, Bupati Brebes telah mendapatkan anugerah Manggala Karya Kencana 2016.

"Penghargaan ini sebagai bukti, kalau Bupati telah terbukti dan komitmen terhadap program KB di Kabupaten Brebes," ucap Khambali.

Dengan jumlah penduduk Kabupaten Brebes mencapai 1,8 juta jiwa, persoalan kependudukan semakin tidak ringan.

"Program KB menjadi salah satu kunci sukses untuk mengendalikan pertambahan jumlah penduduk di Kabupaten Brebes," kata dia.

Ia menjelaskan kampung KB merupakan tempat pembinaan masyarakat untuk memajukan daerah. Terlebih, Kabupaten Brebes merupakan daerah termiskin di Jawa Tengah.

"Kampung KB itu juga akan mendapatkan pembinaan berbagai sektor termasuk di bidang ekonomi kreatif. Selain itu, juga bantuan usaha sesuai dengan kondisi daerah," kata dia.

Khusus di bidang KB, kata dia, nantinya akan dibina dan disosialisasikan tentang manfaat mengikuti program nasional tersebut.
 
"Pada prinsipnya, Kampung KB ini menjadi perhatian penuh pemerintah sebagai upaya meningkatkan kehidupan masyarakat di Brebes dan diharapkan akan semakin sejahtera," kata Khambali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini