Sukses

Kondisi Terkini 178 Penumpang Dharma Kencana Penabrak Karang

Sedangkan, bangkai kapal Dharma Kencana VIII belum ditemukan.

Liputan6.com, Kupang - Setelah menggelar pencarian selama dua hari terhadap seluruh penumpang KMP Dharma Kencana VIII yang tenggelam setelah menabrak karang di Pulau Bidadari, Manggarai Barat, NTT pada Jumat, 14 Oktober 2016 lalu, tim gabungan Basarnas, TNI AL, kepolisian dan syahbandar memastikan semua penumpang selamat.

"Setelah disesuaikan dengan data manifes, seluruh penumpang dipastikan selamat meski ada yang mengalami luka dan pingsan," ujar Kepala Basarnas NTT I Ketut Ardana kepada Liputan6.com, Senin (17/10/2016).

Ardana mengatakan, hingga kini bangkai kapal nahas itu belum ditemukan. Namun, 178 orang penumpang berhasil diselamatkan dengan rincian 142 penumpang dan 36 ABK.

Sedangkan, sebanyak 41 kendaraan roda empat dan roda dua yang terdiri dari, 30 truk besar ekspedisi, satu truk sedang, enam minibus dan empat roda dua tidak berhasil diselamatkan dan tenggelam bersama kapal.

Ardana menuturkan, menurut pengakuan nakhoda kapal saat kejadian, GPS kapal menunjukkan jalur kedalaman 53 meter sehingga kapal terus berlayar di perairan tersebut. Tiba-tiba, kapal berguncang keras yang belakangan diketahui menabrak karang.

Hingga saat ini, lanjut Ardana, seluruh penumpang KMP Dharma Kencana VIII masih bertahan di tempat penginapan yang disiapkan pihak perusahaan di Labuan Bajo. Akibat kejadian itu, sebagian besar penumpang masih trauma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini