Sukses

Tanam Umbi-umbian, Warga Majalengka Malah Panen Bunga Bangkai

Bunga bangkai itu pertama kalinya tumbuh di pekarangan warga Majalengka.

Liputan6.com, Majalengka - - Warga Desa Andir, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, dihebohkan dengan tumbuhnya bunga bangkai Amorphophallus titanum di pekarangan rumah.

Bunga yang berdiameter 50 cm dan tinggi 75 cm itu tumbuh di pekarangan rumah warga milik Uung Mahrudin. Pemilik rumah itu mengaku awalnya menanam umbi-umbian. Namun bukan umbi-umbian yang tumbuh, di tempat itu malah muncul bunga bangkai.

"Empat hari yang lalu tumbuhnya mas. Awalnya saya tidak peduli. Saya pikir tumbuhan asing, tapi lama kelamaan kok aroma bau busuknya menyengat. Setelah saya periksa ternyata bunga bangkai," ujar Uung, Sabtu (15/10/2016).

Menurut Uung, kemunculan Amorphophallus titanum itu yang pertama kali di lingkungan tempat tinggalnya. Apalagi, bunga itu tumbuh di pekarangan rumah. Tak mengherankan jika para tetangga berdatangan demi melihat bunga yang terbilang langka itu.

Dia pun mengaku tidak akan menyia-nyiakan fenomena alam ini. Uung mengaku akan merawat dan memelihara bunga bangkai tersebut hingga masa pertumbuhannya berakhir.

"Sementara, saya beri pelindung, mas, dari kurungan ayam biar tidak disentuh oleh tangan manusia. Saya juga lagi menata pekarangan agar pertumbuhan Amorphophallus titanumini sempurna," ujar Uung.

Usai kemunculan itu, ia melaporkannya kepada aparat desa. "Saya juga akan melapor ke BKSDA terkait tumbuhnya bunga ini. Semoga ada petanda baik," kata Uung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini