Sukses

5 Penambang Emas Terjebak Longsor di Taman Nasional Bukit Barisan

Mulut gua tambang emas itu berada di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan.

Liputan6.com, Bengkulu - Lima warga Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu, terjebak timbunan longsor saat menambang emas di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan.

Kondisi hujan lebat yang terus mengguyur daerah itu dalam sepekan terakhir memicu runtuhnya material longsor dan menimbun mulut gua yang dijadikan pintu masuk penambang emas tradisional.

Para korban tercatat atas nama Sahnan bin Hanafi (30) warga Desa Taba Sebrang, Armen bin Sahidi (35) warga Desa Pangkalan Uram Jaya, Sandro (30) warga Desa Betanggur, Supri (30) warga Desa Tes dan Andi (30) warga Desa Tambang Sawah.

"Proses evakuasi dilakukan hingga Sabtu dini hari, alhamdulillah semuanya bisa diselamatkan meskipun dalam kondisi lemas," kata Kepala Pusat Pengendali Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops BPBD) Provinsi Bengkulu Edward Junaidi di Bengkulu, Sabtu (24/9/2016).

Kepala Sub Direktorat Logistik dan Penyelamatan BPBD Kabupaten Lebong, Edy mengatakan, seluruh korban sudah dievakuasi ke Puskesmas Desa Katenong dan saat ini masih ditangani tim medis. Menurut dia, korban lemas akibat kekurangan oksigen selama tertimbun material longsor lebih dari delapan jam.

"Material longsor lebih dari lima meter mampu kami tembus bersama masyarakat dengan menggunakan alat manual saja, sebab lokasi tidak bisa dijangkau alat berat. Alhamdulilah semuanya selamat," kata Edy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini