Sukses

Menjejak 2 Pulau Tak Berpenghuni di Selat Sunda

Pulau Merak Kecil memiliki luas 4,6 hektare dengan pasir putih berkarang.

Liputan6.com, Cilegon - Bosan berlibur ke Pantai Anyer, Carita, Karang Bolong, maupun Sawarna di Banten? Cobalah menyeberang ke Selat Sunda. Hanya 1 kilometer dari Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, kita bisa menemukan surga tak berpenghuni di Pulau Merak Kecil.

Dari Jakarta, Anda bisa keluar Gerbang Tol Merak dan mengambil Jalan Cikuasa Bawah. Nah, di Kantor Polsek Pulomerak, masuk melalui pintu gerbang samping.

Di sana, kita dapat dengan mudah menjumpai nelayan yang menyewakan perahu untuk mengantar ke Pulau Merak Kecil dengan biasa sewa Rp 10 ribu per orang untuk antar-jemput.

"Di sini ongkosnya Rp 10 ribu. Kalau mau jemput, tinggal telepon aja, nanti dijemput," kata nelayan dengan perahu berbendera Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Mang Oji, Sabtu (9/7/2016).

(Yandhi Deslatama/Liputan6.com)

Perjalanan ke Pulau Merak Kecil hanya sekitar 5 menit. Mang Oji pun menawarkan jasa mengantarkan warga yang ingin berwisata ke Pulau Merak Besar, dengan waktu tempuh sekitar 15 menit saja. Seperti Pulau Merak Kecil, Pulau Merak Besar pun tak berpenghuni.

Dari kedua pulau tak berpenghuni itu, wisatawan bisa melihat luasnya Selat Sunda dan aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Merak. Bahkan barisan bukit di sekitar pelabuhan dapat terlihat jelas.

"Kalau ke Pulau Merak Besar, biasanya Rp 20 ribu satu orang. Sama saja antar-jemput," tutur dia sembari mengantarkan penumpang ke Pulo Merak Kecil.

(Yandhi Deslatama/Liputan6.com)

Kedua pulau tersebut menjadi tempat wisata alternatif bagi warga lokal maupun Jabodetabek yang tak ingin bermacet ria di wilayah Anyer. Namun jangan harap bisa menemukan listrik atau tempat penginapan di sana.

Karena pulau tersebut masih asri dan tanpa penghuni. Sehingga pengunjung diharapkan membawa bekal makanan sendiri dan dilarang membuang sampah sembarangan.

Suja'i, warga Desa Kebondalem, Kota Cilegon, Banten yang ditemui di Pulau Merak Kecil, mengaku lebih memilih berwisata ke pulau tersebut dibandingkan Anyer.

"Enakan ke sini, ke Anyer kan pasti ramai terus macet. Di sini masih bening airnya, nggak sumpek juga," kata Suja'i.

Pulau Merak Kecil memiliki luas 4,6 hektare dengan pasir putih berkarang. Ombak di sana juga tampak tenang. Sehingga wisatawan bisa bermain air tanpa was-was di pulau yang masuk ke dalam Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini