Sukses

Istana Ikan Setan di Bawah Laut Pulau Kapoposan

Mata ikan setan itu menyala merah jika disinari senter.

Liputan6.com, Makassar - Pulau Kapoposan yang berada di Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) Sulsel merupakan salah satu pulau yang terkenal dengan panorama alamnya. Pasir putihnya indah, alam bawah lautnya juga masih terjaga dengan banyaknya terumbu karang. Tak mengherankan jika Pulau Kapoposan menjadi surga bagi para pemancing.

Ilham Chevy, warga Makassar yang hobi memancing mengungkapkan alasan kenapa Pulau Kapoposan menjadi surga bagi para maniak pancing di Sulsel. Itu, kata dia, karena Pulau Kapoposan di kedalaman ratusan meter terdapat istana ikan eskolar atau ikan setan.

"Di Pulau Kapoposan itu terdapat banyak ikan setan atau eskolar yang merupakan ikan langka dan mahal. Selain itu, histori ikan setan juga ada dimana satu-satunya ikan yang hanya dihidangkan untuk raja-raja dahulu kala di Sulsel," kata Chevy saat ditemui di sela-sela mengisi waktunya dengan memancing di Balangtonjong Antang, Manggala Makassar sembari menunggu waktu berbuka, Kamis, 23 Juni 2016.

Menurut lelaki yang sudah 15 tahun bergelut dalam dunia memancing itu, ikan setan hanya dapat ditemui di kedalaman ratusan meter di bawah laut dan di waktu tengah malam. Tapi kata dia, lokasinya tidak sembarangan.

Pulau Kapoposan menjadi surga pemancing pengejar ikan setan. (Liputan6.com/Eka Hakim)

"Jika ingin menemukan ikannya, waktu memancingnya di malam hari karena ikan setan beraktivitas di saat gelap. Yah mirip setan lah, nanti beraktivitas di malam hari," tutur Chevy.

Baca Juga

Dalam memancing ikan setan, kata Chevy, menggunakan umpan dari ikan yang berukuran besar. Itu karena ikan setan merupakan salah satu ikan yang berukuran sangat besar. Panjang ikan setan minimal 2 meter dengan berat 120 kg.

"Saya pernah memancing di Pulau Kapoposan bersama teman pemancing dari Jawa dan berhasil mendapat ikan setan yang identik dengan mata merahnya yang menyala tersebut ketika terkena senter dengan panjang sampai 2 meter lebih. Bukan hanya satu kami dapat malah sampai 5 ekor dengan ukuran yang mirip. Itulah kenapa sampai Pulau Kapoposan itu disebut sebagai istana ikan setan," tutur Chevy.

Selain surga bagi pemancing, Pulau Kapoposan yang sudah terkenal sebagai objek wisata bahari itu juga merupakan tempat asyik untuk menyelam dan snorkeling.

Bagi Anda yang ingin bertandang ke pulau di jajaran pulau-pulau kecil Selat Makassar, Anda cukup menempuh jarak sekitar 68 kilometer (42 mil).

"Kalau lewat jalur laut, bisa langsung dari dermaga Pelabuhan Paotere Makassar menggunakan kapal kayu dengan menempuh waktu enam jam lamanya," ujar Chevy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.