Sukses

Dahsyatnya Gempa Yogya, Prambanan Retak Bertahun-tahun

Tidak hanya arkeolog, ahli teknik sipil, geologi, hingga geologi tanah dilibatkan dalam renovasi kompleks Candi Prambanan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Dahsyatnya gempa Yogyakarta yang terjadi 10 tahun lalu ikut merobohkan sejumlah candi. Salah satu yang mengalami kerusakan terparah adalah Candi Prambanan.

Gempa 5,9 skala richter yang mengguncang Kota Gudeg pada 2006 silam membuat candi di kompleks Prambanan, yakni Candi Siwa rusak parah pada bagian dalamnya. Hal itu disampaikan Kepala Seksi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta, Wahyu Astuti.

"Paling parah itu Prambanan karena Prambanan itu kerusakannya struktural dan pecah sedikit. Lalu kita melakukan pemugaran kembali sangat lama, bahkan terakhir Siwa itu sampai tahun 2014 jadi sudah selesai semua," kata Wahyu kepada Liputan6.com di Yogyakarta, Jumat (27/5/2016).

"Siwa itu mempunyai studi sendiri karena Siwa itu sangat retak sehingga para ahli berkumpul. Mulai teknik sipil, geologi, geologi tanah, waktu itu kita bagaimana kita solusi untuk Candi Siwa," sambung dia.

Para ahli sangat berhati-hati dalam merenovasi candi. Hingga 2016 masih ada sejumlah proses perbaikan di kawasan Prambanan. Namun, khusus perbaikan di Candi Siwa sudah rampung sejak 2014.

Para ahli sangat berhati-hati dalam merenovasi Candi Prambanan yang rusak akibat gempa Yogya 10 tahun silam. (Fathi Mahmud/Liputan6.com)

Taman Pemandian Sultan

Wahyu menuturkan, para ahli memberikan formula filler untuk memberikan kekuatan di bagian dalam Candi Siwa yang rusak. Harapannya jika ada gempa lagi maka candi itu tidak akan roboh atau rusak.

Tak cuma Prambanan. Situs lain juga rusak setelah diterjang gempa Yogya, seperti Warungboto Taman Air Peninggalan Sultan HB II.

Baca Juga

Saat ini situs tersebut masih diperbaiki. Warungboto paling terakhir yang mendapatkan perbaikan karena alasan tertentu.

"Yang masih itu Warungboto dipugar 2008, kemarin 2010, 2015, dan 2016 dipugar lagi bagian dalamnya. Terakhir Warungboto karena skala prioritas karena warga tidak begitu datang dan itu milik keraton. Kalau candi jadi hak kami. Kami rawat ada 74 situs tidak semua kena," tutur Wahyu.

Sementara itu, Dosen Fakultas Geologi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Prasetyadi mengatakan, Prambanan menjadi candi paling parah kerusakannya akibat gempa Yogyakarta. Ini karena sesar opak atau jalur patahan yang mematikan ada di bawah candi itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.