Sukses

18 Kapal Pesiar Bakal Serbu Lombok

Para wisatawan asing penumpang kapal pesiar itu rata-rata berbelanja di Lombok dengan nilai minimal Rp 12 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 18 kapal pesiar dari berbagai negara bakal menyerbu Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Juni atau semester 1 2016. Seperti disampaikan General Manager Perseroan Terbatas Pelindo III Cabang Lembar Kabupaten Lombok Barat Baharuddin.

"Yang sudah terjadwal sebanyak 18 kapal, semoga ada perkembangan tambahan lagi pada semester kedua nanti," kata Baharuddin dikutip dari laman Antara, Senin (23/5/2016).

Dia berharap, jumlah kapal pesiar yang bersandar di Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat pada 2016 bisa melebihi tahun sebelumnya. Pada tahun lalu, sebanyak 26 kapal dengan jumlah penumpang 36.000 orang dari berbagai negara mendatangi Lombok.

"Hingga saat ini belum ada informasi kunjungan kapal pesiar menurun, rencana dan realisasi bisa terjadi perubahan," tutur Baharuddin.

Para penumpang kapal pesiar tersebut berada di Pulau Lombok, NTB, hanya satu hari. Mereka berpencar mengunjungi berbagai destinasi wisata, seperti Pantai Senggigi, Taman Narmada, Pura Lingsar di Kabupaten Lombok Barat, dan Museum Negeri Nusa Tengara Barat (NTB) di Kota Mataram.

Minimal Rp 12 Juta

Ada juga yang berkunjung ke sentra pembuatan kerajinan gerabah di Desa Banyumulek, Kabupaten Lombok Barat, dan sentra perdagangan kerajinan emas dan mutiara di Sekarbela, Kota Mataram.

Sebagian lagi ada yang mengunjungi pasar seni Sesela, Kabupaten Lombok Barat, sekaligus membeli berbagai jenis produk kerajinan ukuran mini untuk dijadikan oleh-oleh.

Ketua Pasar Seni Sesela Fatahul Anwar, mengakui kedatangan para wisatawan mancanegara yang dibawa oleh kapal pesiar membawa keberuntungan tersendiri bagi para pengusaha kerajinan di Pasar Seni Sesela.

"Jumlah penumpang kapal pesiar yang datang minimal 100 orang, paling banyak 1.200 orang dalam satu kali kunjungan kapal pesiar, mereka datang pakai bus pariwisata untuk berbelanja," tutur Fatahul.

Para wisatawan asing itu rata-rata berbelanja dengan nilai minimal Rp 12 juta. Bahkan, ada yang mencapai Rp 65 juta dalam sekali kunjungan.

Jika dihitung dalam satu tahun, kata Fatahul, omzet Pasar Seni Sesela dalam satu tahun hanya dari penumpang kapal pesiar saja bisa mencapai Rp 2 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini