Sukses

Pantai Punaga Makassar Tak Kalah dengan Tanah Lot Bali

Tak hanya dilihat dari tekstur alamnya, suasananya pun hampir sama. Hanya saja belum ada perhatian pemerintah, terutama infrastruktur.

Liputan6.com, Takalar - Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tak hanya dikenal dengan obyek wisata Tana Toraja. Lebih dari itu, masih banyak destinasi wisata alam lainnya yang tersebar di beberapa kabupaten.

Salah satunya yang dapat memanjakan mata adalah keberadaan wisata pantai di Desa Punaga, Kecamatan Mangarabombang, Takalar, Sulsel, yang dikenal dengan sebutan Pantai Punaga.

Bagi wisatawan lokal, Pantai Punaga mirip dengan Tanah Lot yang ada di Bali. Tak hanya dilihat dari tekstur alamnya, suasananya pun hampir sama. Hanya saja belum ada perhatian pemerintah, terutama untuk urusan infrastruktur.

Pantai Punaga memiliki alam yang masih natural, tebing batu-batuan yang alami dan pasir pantainya yang bersih. Semuanya menjadi faktor yang dapat memikat hati para pengunjungnya. Selain itu, pantainya banyak ditumbuhi pepohonan yang rindang hingga di atas bukit.

"Kalau datang ke sini pas air surut, kita langsung merasakan seakan berada di Tanah Lot yang ada di Bali. Airnya juga jernih, sehingga karang laut dapat terlihat dengan jelas," kata Hairunnisa, warga Jalan Rappocini, Makassar, menceritakan indahnya panorama Pantai Punaga, Minggu (24/4/2016).

Keberadaan Pantai Punaga berawal diperkenalkan oleh warga yang berada di sekitar Permandian Alam Tope Jawa dan akhirnya dari mulut ke mulut hingga diketahui masyarakat luar Kabupaten Takalar.

"Sampai sekarang banyak pengunjung berdatangan ke Pantai Punaga," ucap Daeng Mile, warga yang rumahnya tidak jauh dari Pantai Punaga.

Para pengunjung Pantai Punaga dapat melakukan aktivitas berenang dan snorkling. Namun karena banyak batuan karang yang licin dan tajam, maka pengunjung diharapkan tetap harus hati-hati.

"Sudah banyak yang berenang dan menyelam untuk melihat keindahan bawah pantainya, tapi amannya mereka memakai sepatu renang untuk melindungi kaki," ujar Daeng Mile.

Jarak tempuh untuk bisa ke Pantai Punaga jika memulai perjalanan dari Kota Takalar sekitar 25 Kilometer. Letak pantainya berada di sebelah barat Kota Takalar.

"Warga Makassar pun jika ingin berkunjung ke Pantai Punaga hanya butuh waktu sekitar 1 jam menuju ke Takalar, kemudian langsung lanjut perjalanan menuju perbatasan Takalar- Jeneponto," ucap Hairunnisa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.