Sukses

Tim SD Jawara Kompetisi Robot Asia Asal Surabaya Bersiap ke Eropa

Tim robot SD Muhammadiyah 4 Pucang, Surabaya, itu menambah porsi latihan demi bisa menang di Jerman.

Liputan6.com, Surabaya - Tim robot SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya yang meraih juara 1 Robot Cup tingkat Asia kategori Rescue Primary tidak bisa rehat lama-lama. Mereka kini bersiap menghadapi kompetisi robotik tingkat dunia di Jerman yang berlangsung pada Juni 2016 nanti.

Untuk itu, tim robot yang terdiri dari Firman Fathoni, Alwansyah Muhammad dan Gatra Reyhansyah itu kini menambah porsi latihan demi memantapkan persiapan. Selain itu, kepekaan robot yang akan dilombakan juga ditingkatkan.

"Persiapan ke Jerman latihannya ditambah selama 1 bulan dua kali. Mendekati hari H, kita akan tingkatkan bisa tiap hari latihan," kata Endik Setyawan, pembina tim ekstrakurikuler Robot di SD Muhammadiyah 4, Pucang, Surabaya, kepada Liputan6.com, Selasa, 5 April 2016.

Endik menerangkan, latihan difokuskan untuk meningkatkan keterampilan teknis setiap anggota tim. Ia yakin anak didiknya mampu menguasai keterampilan itu seperti dibuktikan lewat prestasi yang diraih dalam kompetisi di Singapura. Apalagi, mereka berhasil mengalahkan tim tangguh seperti Tiongkok.

"Mereka bertiga dapat mengalahkan negara-negara maju yang jika dilihat dari segi kemampuan menguasai, tapi justru kita yang menang," ucap Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 4 Pucang Edi Susanto.

Prestasi yang ditorehkan tim robot SD Muhammadiyah 4 Pucang itu bukan yang pertama kalinya. Edy menyatakan sekolahnya sudah menyabet gelar dalam kompetisi robot selama tiga tahun berturut-turut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.