Sukses

Ini 14 Calon Wali Kota Yogyakarta dari Jogja Independent

Dari 41 formulir yang diambil di Sekretariat Jogja Independent, 14 orang telah mengembalikan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Jalur independen dalam Pilkada Yogyakarta 2017 melalui Jogja Independent (Joint) mulai mendapatkan peminat. Pendaftaran pencalonan wali kota dan wakil wali kota resmi ditutup pada Kamis 31 Maret 2016 pukul 22.00 WIB.

Koordinator Sekretariat Jogja Independent (Joint) Yustina Neni mengatakan dari 41 formulir yang diambil 14 orang telah mengembalikan, terdiri dari 10 laki-laki dan 4 perempuan. Namun jumlah ini masih bisa bertambah seiring waktu verifikasi administrasi yang dilakukan sekretariat.

"Total sekretariat menerima 14 berkas. Jumlah 14 berdasarkan berkas yang dikirim langsung dan kiriman via internet yang sudah diunduh pagi. Semalam internet sekretariat mati sejak badai sore. Kemungkinan ada tambahan berdasarkan pesan SMS. Namun belum bisa memastikan berapa jumlahnya," ucap Neni saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (31/3/2016).

Neni mengatakan dari jumlah pendaftar itu kuota 30% keterwakilan perempuan terpenuhi. Menurut dia, dari 14 pendaftar itu usia pendaftar termuda berusia 25 tahun. Wanita itu bernama Emi Yuniarti Rusadi, lulusan S2 Arsitek Universitas Gadjah Mada.

Namun dari beberapa berkas yang diterima Sekretariat Jogja Independent ada yang masih belum lengkap. Namun dari formulir yang dikembalikan ke Sekretariat Joint terdapat nama Garin Nugroho, sineas ternama Indonesia.

"Untuk perwakilan perempuan, telah memenuhi kuota 30 persen," imbuh Neni.

Neni mengungkapkan pula, usai menerima berkas yang dikembalikan pendaftar nantinya panitia akan melakukan verifikasi data dari para calon. Usai lolos verifikasi, nantinya panitia akan memperkenalkan kepada publik pada 3 April 2016 mendatang di PKKH UGM. Acaranya akan dikemas dengan diskusi bertema 'Belajar Berdemokrasi Gaya Yogya'.

"Hari ini sampai dengan 2 April masih verifikasi admin. Tanggal 3 (April 2016) akan diumumkan nama-nama. Untuk uji kelayakan kandidat, tim akan diketuai oleh mantan Ketua KPK Busyro Muqoddas," tutup Neni.

Berikut 14 nama pendaftar calon independen Pilkada Yogyakarta melalui Jogja Independent:

1.  Siti Ruhaini Dzuhayatin
2.  Transtoto Handhadari
3.  Dani Eko Wiyono
4.  Garin Nugroho Riyanto
5.  Rommy Heryanto
6.  Hambar Riyadi
7.  Nur Syahrir Raharjo
8.  Wiwik Suryandartini
9.  Emmy Yuniati Rusadi
10. Esha Satya Syamjaya
11. Andre Primera Mory
12. Lusy Laksita
13. Martha Henry Agt
14. Barokah Slamet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini