Sukses

Adik Ipar SBY Siap Tantang Rano Karno dan Tantowi Yahya di Banten

Pilkada Banten mulai hangat. Adik Ani Yudhoyono pilihan pertama Demokrat.

Liputan6.com, Serang - Nama Hartanto Edhi Wibowo, adik ipar presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, masuk dalam bursa calon gubernur Banten 2017 mendatang. Adik Ani Yudhoyono ini menempati opsi pertama kandidat dari Demokrat.

"Nama pertama, yaitu adik dari Ibu Ani Yudhoyono, Hartanto Edhi Wibowo. Selanjutnya ada nama Nurcahyo Anggoro Jati atau Mas Yoyok, lalu ada Ketua Umum Karang Taruna Didik Mukriyanto, mantan Wali Kota Tangerang Wahidin Halim dan saya sendiri," kata Ketua DPD Demokrat Banten, Aeng Haerudin, di Kota Serang, Banten, Selasa (15/3/2016).

Aeng yang merupakan mantan ketua DPRD Banten tahun 2009-2014 ini mengatakan bahwa keempat nama cagub Banten itu masih aktif menjadi anggota DPR RI.

"Semuanya masih sangat awal. Kami juga masih menunggu instruksi dari DPP mengenai mekanisme pengusungan pasangan cagub. Apakah kami membuka pendaftaran penjaringan atau tidak," kata dia. 

Karena hanya memiliki delapan kursi di DPRD Banten, Demokrat tak bisa mengusung pasangan calon gubernur dan wakilnya sendiri. Demokrat harus menjalin koalisi dengan partai lain.

"Sementara ini kami sudah menjalin komunikasi dengan seluruh partai. Tinggal tunggu instruksi dari DPP," ujar Aeng.

Sejauh ini, sudah beredar beberapa nama cagub Banten, seperti Andhika Hazrumi yang merupakan anak pertama mantan gubernur Ratu Atut Chosiyah, lalu ada Tb Haerul Jaman, adik tiri Ratu Atut.

Politikus Senayan sekaligus artis seperti Tantowi Yahya pun telah menyatakan diri siap maju dalam Pilgub Banten. Bahkan, Gubernur Banten Rano Karno telah mengambil formulir pendaftaran cagub dari PDIP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.