Sukses

Pasca-Longsor, Kereta Bisa Lintasi Jalur Selatan tapi Pelan-pelan

Hujan deras mengguyur Ciamis hingga tanah tebing sekitar rel kereta api longsor.

Liputan6.com, Ciamis - Jalur selatan kereta api kembali dibuka pada hari ini. Sebelumnya jalur kereta di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ini tak bisa dilintasi karena terkena dampak bencana alam tanah longsor, Sabtu kemarin.

"Sudah bisa dilewati kereta api meskipun perbaikan jalur masih berlangsung," kata Kepala Humas PT KAI Daop II Bandung Zunerfin seperti dikutip dari Antara, Minggu (13/3/2016).

Longsor di Dusun Cidewa, Desa Dewasari, Kecamatan Cijeungjing itu menyebabkan kereta api tidak dapat melintas. Selanjutnya tim dari PTKAI melakukan perbaikan jalur tersebut hingga akhirnya kereta api dapat kembali melintas, Minggu pagi tadi.

"Kereta api pertama lewat Turangga sekitar pukul 09.13 WIB sudah melalui jalur yang longsor," kata Zunerfin.

Namun kereta api yang melintas itu, imbuh dia, tidak dapat melaju cepat karena masih dalam tahapan penyempurnaan jalur.

"Kecepatannya masih terbatas," ujar Zunerfin.

Sebelumnya hujan deras mengguyur Ciamis menyebabkan tanah tebing setinggi lima meter sekitar rel longsor. Akibat bencana itu pemberangkatan kereta api dari Stasiun Bandung menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur dialihkan ke jalur utara lintas Cirebon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini