Sukses

1.000 Balon Sambut Balita Imunisasi Polio

2 tetes polio sangat penting untuk bayi, sehingga 2020 bebas polio dunia bisa terlaksana.

Liputan6.com, Makassar - Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio digelar pada 8-15 Maret 2016 di seluruh Indonesia. Beragam cara unik pun digelar untuk menyambut ibu yang membawa anaknya agar mendapat imunisasi polio gratis.

PIN Polio di Makassar, Sulawesi Selatan dipusatkan di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Kelurahan Batua, Kecamatan Manggala di Jalan Abdul Dg Sirua. Bayi berumur 0 hingga 59 bulan atau balita akan disambut dengan 1.000 balon warna-warni dan bingkisan hadiah hiburan dari dinas kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin mengimbau seluruh warga Kota Daeng untuk membawa balitanya di 1.000 posyandu di Makassar untuk untuk mendapatkan imunisasi polio.

"Kita minta pada orangtua untuk membawa anaknya yang berusia di bawah 5 tahun ke posyandu untuk dapatkan imunisasi polio. Sengaja kita desain unik acara PIN ini, karena tujuannya memang untuk menyemarakkan," kata Naisyah Tun Azikin kepada Liputan6.com ketika ditemui saat menata balon warna-warni untuk meriahkan PIN di Kelurahan Batua, Kecamatan Manggala, Senin 7 Maret 2016.

Naisyah mengatakan, 2 tetes polio sangat penting untuk bayi sehingga 2020 bebas polio dunia bisa terlaksana, khususnya di Kota Makassar.

"Sasaran bayi di Kota Makassar untuk polio sebanyak 105.986 bayi. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto sendiri yang akan membuka langsung PIN di Kota Makassar," ujar dia.

Lurah Batua, Jufri mengatakan, sejumlah persiapan sebagai tuan rumah PIN tingkat Kota Makassar sudah disiapkan. Seperti mengecat lantai paving blok dengan warna oranye, hijau muda, dan hijau tua.

"Kami juga sudah siapkan pengaturan lalu lintas kendaraan yang dikenal padat di Jalan Abdul Dg Sirua. Sebab dipastikan ramai dan meriah, karena halaman kantor kami diramaikan oleh balita yang akan diimunisasi polio," kata Jufri.

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV, dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini