Sukses

NU Ajak Nahdliyin Gelar Salat Gerhana Matahari

Surat edaran tersebut juga telah dikirimkan ke semua pengurus cabang NU di seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Solo - ‎Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengimbau umat Islam melakukan salat gerhana matahari pada Rabu 9 Maret 2016. Imbauan tersebut tertuang dalam surat edaran yang dikeluarkan PBNU.

"PBNU telah mengeluarkan imbauan untuk menggelar salat gerhana matahari pada hari Rabu nanti saat terjadi gerhana matahari total," ujar Wakil Rais Aam PBNU Miftakhul Achyar di Karanganyar, Minggu 6 Maret 2016.

Dia mengatakan surat imbauan tersebut telah dikeluarkan oleh PBNU beberapa hari lalu. Surat edaran tersebut juga telah dikirimkan ke semua pengurus cabang NU di seluruh Indonesia.

"Selain dikirimkan ke cabang NU, surat edaran itu juga ramai diunggah di socmed terkait melaksanakan salat gerhana matahari pada tanggal 9 Maret nanti," kata Miftakhul.

Salat gerhana matahari ini, lanjut dia, untuk mengingatkan kepada manusia, kekuasaan Allah sangat besar. Di hadapan Tuhan, manusia hanyalah umat yang kecil.

"Oleh sebab itu, kita harus banyak taqarrub dan minta ampun kepada Allah," kata Miftakhul.

Gerhana Matahari Total (GMT) akan menghiasi langit Tanah Air di beberapa wilayah pada 9 Maret mendatang. Sejumlah daerah bahkan sudah mempersiapkan diri menyambut fenomena langka ini, untuk para wisatawan.

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini