Sukses

Gerhana Matahari Bisa Disaksikan di 19 Titik di Sulawesi Utara

Menurut BMKG, magnitudo luasan matahari yang tertutupi bulan di langit Sulawesi Utara bervariasi.

Liputan6.com, Manado - Meski bukan masuk kategori gerhana matahari total, ada sedikitnya 19 titik di Sulawesi Utara yang bisa dijadikan lokasi untuk menyaksikan gerhana pada 9 Maret 2016.

Menurut Staf Operasional BMKG Stasiun Geofisika Manado, Christine Tulangouw, magnitudo luasan matahari yang tertutupi bulan di langit Sulawesi Utara bervariasi. Di kisaran antara 83,4% di Pulau Miangas, Talaud, hingga 99,5% di Posigadan Bolmong Selatan yang juga akan mengalami kontak pertama gerhana matahari sebagian ini.

Menurut Christine, selain Miangas dan Posigadan, gerhana juga bisa dilihat dari Boroko, Lolak, Kotamobagu, Tutuyan, Amurang, Belang, Tomohon, Megamas Kota Manado, dan Pantai Firdaus Kema.


Kemudian di Lembeh Selatan, Bitung, Pantai Pal Likupang, Tagulandang, Ulu Siau, Tahuna, Melonguane, dan Pulau Marampit.

"Kami perkirakan pesisir timur pantai Sulawesi Utara merupakan lokasi ideal untuk melakukan pengamatan visual. Ini karena lokasinya berada dekat dengan lintasan gerhana matahari," ujar Christine di Manado, Sabtu (5/3/2016).

BMKG stasiun Manado sendiri, kata dia akan melakukan aktivitas memantau di Pantai Firdaus Kema, Minahasa Utara, pada hari terjadinya gerhana itu.

Posisi matahari pada 9 Maret di wilayah Sulut, kata Christine diperkirakan masih berada pada azimuth 95’-105 ‘ arah timur tenggara dengan ketinggian bervariasi antara 25’ pada kontak awal hingga 67’ pada kontak akhir.

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini