Sukses

Ingin Lihat Gerhana Matahari Total? Ikuti Pelatihan Ini

Gerhana matahari total (GMT) akan terjadi di sejumlah wilayah Indonesia pada 9 Maret 2016.

Liputan6.com, Palembang - Gerhana matahari total (GMT) akan terjadi di sejumlah wilayah Indonesia pada 9 Maret 2016. Sebelum itu, Dinas Pendidikan Sumatera Selatan menggelar sosialisasi dan pembelajaran mengenai proses terjadinya GMT di Palembang pada 8 Maret 2016.

Sosialisasi itu bekerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

"Sebelum menyaksikan gerhana matahari total, silakan mengikuti sosialisasi tentang tata cara menyaksikan kejadian alam tersebut," kata Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo di Palembang seperti dilansir Antara, Kamis (24/2/2016).
 

Sebagai fenomena alam, gerhana matahari total hanya terjadi setiap puluhan hingga ratusan tahun sekali. Untuk itu, sosialisasi menjadi hal penting agar memberi pesan dan kesan yang memadai bagi masyarakat yang menyaksikannya.

Narasumber dalam pelatihan ini adalah ahli dari Lapan yang siap memberi penjelasan kepada para pelajar dan mahasiswa serta masyarakat umum mengenai apa dan bagaimana gerhana matahari total itu. Terdapat pula pelatihan singkat mengenai cara membuat kacamata khusus untuk melihat gerhana matahari total.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga mengatakan lokasi untuk melihat gerhana matahari total ada di Jembatan Ampera Palembang. Jembatan kebanggaan masyarakat Sumsel itu akan ditutup sementara atau beberapa jam sebelum gerhana matahari total terjadi hingga siang hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.