Sukses

Lewat Aplikasi Ini, Sekali Klik Sampah Langsung Terangkut

Layanan Angkut's berbasis Android, mengangkut sampah setelah dipilah.

Liputan6.com, Pontianak - Persoalan sampah di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah setempat. Warga juga berinisiatif menyelesaikan masalah sampah.

Salah satu warga, Hafiz, meluncurkan Angkut's, yakni rintisan bisnis berbasis teknologi yang menyediakan solusi masalah sampah di Kota Pontianak dengan metode dipilah, diangkut dan dimanfaatkan.

Angkut’s juga mengedukasi penduduk kota untuk menjadi bagian dari solusi masalah sampah dengan menjadi warga kota yang cerdas mengelola sampah.

"Tujuan Angkut’s, selain ingin menjadi solusi masalah sampah adalah medorong pertumbuhan ekonomi kota melaui kegiatan bisnis dan sosial yang berkelanjutan," jelas Hafiz dalam keterangan tertulis, Minggu 21 Februari 2016.

 



Bagaimana cara kerja Angkut’s? Sebagai penyedia jasa mengangkut sampah dari rumah penduduk, Haifz menerangkan, konsep yang diterapkan Angkut’s berbeda dengan jasa pengangkutan sampah konvensional.

Angkut’s mengangkut sampah yang telah dipilah untuk kemudian dimanfaatkan atau didaur ulang. Pemilik sampah atau rumah tangga yang telah memilah sampahnya akan dibayar oleh Angkut’s.

Sebaliknya, bila pemilik tidak memilah sampahnya maka Angkut’s akan membantu memilahnya.

Sebagai penyedia jasa pengangkutan sampah berbasis teknologi, Angkut’s menyediakan aplikasi berbasis Android yang bisa diunduh melalui Google Play Store layaknya aplikasi yang digunakan transportasi ojek.

"Jadi dengan aplikasi Angkut’s ini, warga atau pemilik sampah bisa menghubungi Angkut’s  atau berlangganan jasa Angkut’s. Sampah pengguna jasa Angkut’s akan dapat dimanfaatkan kembali hanya melalui beberapa "klik" di layar smartphone," tandas Hafiz.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.