Sukses

Pakde Karwo Minta Kejiwaan Pengaku Penerus Nabi Isa Diperiksa

Warga Jawa Timur diminta tidak resah dengan ulah warga Jombang yang mengaku penerus Nabi Isa.

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Soekarwo meminta seorang pengaku penerus Nabi Isa di Jombang harus segera diperiksa kesehatan dan kejiwaannya.

"Ndak usah ditanggapi atau dibesar-besarkan. Yang harus diurus itu soal kejiwaan dan kesehatannya," tutur Soekarwo di Surabaya, Jumat (19/2/2016).

Pakde Karwo, demikian gubernur biasa disapa, menegaskan bahwa masyarakat Jawa Timur tidak perlu resah dan jangan mudah percaya dengan ulah orang-orang yang mengaku atau membawa-bawa agama.

"Karena bisa saja tubuhnya sehat, tetapi kejiwaan dan psikologinya harus diperiksa," Soekarwo menegaskan.

Peneliti Sejarah Islam Brain Community, Muhammad Hafi, mengajak seseorang berpikir cerdas dalam menyikapi persoalan tersebut. Manusia diberikan akal dan logika untuk melihat sesuatu masalah.

"Kita manusia diberikan akal dan pikiran. Ada persoalan harus diselesaikan secara akal sehat. Saya tidak menyalahkan apakah benar Jari itu penerus Nabi Isa atau tidak mari kita baca sejarah," kata Hafi

Hafi menjelaskan bahwa dalam sejumlah literatur Islam dan banyak kajian tafsir yang menyebutkan bahwa Isa putra Maryam diangkat ke langit dan akan diturunkan lagi menjelang akhir zaman bersama dengan Imam Mahdi.

"Sekarang bagaimana pola pikir kita menyikapi fenomena ini," kata Hafi.

Jari (40) warga Dusun Gempol, Desa Karangpakis, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, mengaku sebagai penerus Nabi Isa AS. Jari mengaku telah mendapatkan wahyu dari Allah SWT pada tahun 2005 silam sebagai penerus Nabi Isa AS.

Dia mengajari pengikutnya untuk mengucapkan dua kalimat syahadat dengan menambahi kalimat: "Wa-isa habibullah atau Ashadu'alla Ila Ha Ilallah, Wa Ashadu Anna Muhammadurrasullullah, Wa Isa Habibullah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini